Bawaslu Demak : PPS Harus Siap Pegang Erat Integritas

MENARANEWS.COM (Demak) – Hal tersebut disampaikan Ketua Bawaslu Demak, Khoirul Saleh, Untuk 747 Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang sudah dilantik dan diambil sumpah untuk menjalankan tugas sebagai bagian dari penyelenggara Pemilu 2024.

Ia menaruh harapan bahwasannya kesiapan penyelenggaran Pemilu 2024 tidak hanya berhenti pada ranah teknis, namun juga mental serta harus menjaga integritas.

"Himbauan ini akan terus Bawaslu suarakan sebagai antisipasi terjadinya pelanggaran ataupun sengketa proses pemilu 2024 nanti," ucap Khoerul.

Ia juga membeberkan bahwa dalam proses perekrutan PPS, Bawaslu telah menemukan pengurus partai politik yang luput dari seleksi administrasi pendaftaran PPS. Walau sudah ditindaklanjuti KPU setelah menerima saran Bawaslu, namun menurutnya kemungkinan temuan senada akan masih ada.

“Bawaslu telah memetakkan titik titik rawan dalam setiap tahapan pemilu. Hal tersebut didapat dari pemetaan yang ditindaklanjuti dengan berbagai pencegahan, baik melalui koordinasi, sosialisasi maupun himbauan,” ucap Ketua Bawaslu.

Untuk itu Ia berharap sinergitas semua pihak, termasuk peserta pemilu untuk bersama Bawaslu menyukseskan pemilu yang bermartabat.

“Kami ramah dalam berkolaborasi namun akan tetap tegas dalam penindakan,”tegasnya. (Nungki)