KPU Demak Lantik 747 Anggota PPS Pemilu 2024

MENARANEWS.COM (Demak) – Kesiapan KPU Demak dalam menyelenggarakan Pemilu 2024 mendatang diresmikan dengan pengambilan sumpah dan janji 747 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kab Demak dilanjut apel persiapan penyelenggaraan pemilu 2024, di Alun Alun Demak, Selasa (24/1/23).

Bupati Demak, dr. Eisti’anah, dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kesuksesan pelaksanaan Pemilu merupakan tanggung jawab semua elemen masyarakat, sehingga seluruh unsur harus dapat mengawal tahapan Pemilu dan menjaga kondusifitas Kab Demak.

Bupati juga meminta agar semua penyelenggara Pemilu untuk menyiapkan kesehatan fisik maupun mental, karena tantangan untuk penyelenggaraan Pemilu 2024 itu lebih besar dari tahun sebelumnya.

"Mari ciptakan Pemilu yang damai, berkualitas, dan berintegritas. Edukasi dan motivasi masyarakat serta terus lakukan sosialisasi di setiap kegiatan tentang tahapan pemilu. Ajak masyarakat datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya,” ucap Bupati.

Sementara itu, Ketua KPUD Demak, Bambang Setya Budi, menghimbau kepada seluruh PPS yang baru saja dilantik dan diambil sumpah agar selalu bekerja sesuai dengan kode etik yang berlaku.

”Mulai hari ini seluruh anggota, KPU, KPPS PPS dan Bawaslu harus bekerja sesuai dengan kode etik yang berlaku dan harus netral selama proses berjalannya pemilu 2024 mendatang,” ucap Ketua LPU

Ia juga menyampaikan bahwa terkait anggaran pemilu 2024, bahwa untuk pendanaan selama tahapan awal hingga akhir dalam pemilu langsung dari pusat dalam hal ini KPU-RI melalui APBN.

”Anggaran pemilu 2024 mendatang untuk KPUD Demak 52-54 milyar dari KPU-RI berasal dari APBN yang sudah disetujui oleh komisi II,” pungkas Ketua KPU Demak.

Dalam acara tersebut juga dilakukan penandatanganan pakta deklarasi dan komitmen penyelenggaraan Pemilu 2024 oleh penyelenggara Pemilu, Forkopimda Kab Demak dan Partai Politik peserta Pemilu 2024. (Nungki)