Ingin Keluar Dari Grup WhatsApp Secara Dia-Diam? Ini Caranya

MENARAnews, Jakarta - WhatsApp (WA) baru-baru ini meluncurkan fitur terbaru yang memungkinkan penggunanya meninggalkan grup tanpa sepengetahuan anggota lain. Fitur ini memberikan solusi bagi pengguna yang ingin pergi dari grup tanpa diketahui, seperti untuk menghindari perselisihan atau mengurangi notifikasi yang diterima dari grup tersebut.

Sebelum adanya fitur ini, jika seorang pengguna meninggalkan grup WA, sebuah notifikasi "... left" akan muncul di ruang obrolan grup tersebut. Contohnya, Doni yang ingin keluar dari grup WA kantor lamanya. Saat ia menekan "Exit group", WhatsApp akan otomatis menampilkan notifikasi "David left" di ruang obrolan grup.

Bagi beberapa orang, notifikasi ini mungkin tidak menjadi isu. Namun, bagi mereka yang merasa tidak nyaman, meninggalkan grup WA tanpa sepengetahuan anggota lain bisa menjadi alternatif yang lebih menyenangkan.

WhatsApp telah merilis fitur baru yang memungkinkan penggunanya untuk keluar dari grup tanpa diketahui anggota lainnya. Fitur ini tersedia untuk semua pengguna WhatsApp, baik pengguna versi Android, iOS, maupun desktop.

Berikut adalah cara untuk keluar dari grup WA secara diam-diam:

Android

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Buka grup yang ingin Anda tinggalkan.
  3. Ketuk nama grup di pojok kanan atas.
  4. Gulir ke bawah hingga menemukan opsi "Keluar dari grup".
  5. Ketuk "Keluar".

iOS

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Buka grup yang ingin Anda tinggalkan.
  3. Ketuk nama grup di pojok kanan atas.
  4. Gulir ke bawah hingga menemukan opsi "Keluar dari grup".
  5. Ketuk "Keluar".

Setelah Anda mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan keluar dari grup tersebut tanpa ada notifikasi yang muncul.

Keterangan tambahan

  • Sebelum Anda klik "Keluar", nantinya akan muncul notifikasi yang bertuliskan "Only group admins will be notified that you left the group". Artinya, hanya admin di WA grup saja yang tahu kalau Anda sudah meninggalkan grup.
  • Notifikasi tersebut baru muncul apabila Anda telah melakukan update WhatsApp ke versi terbaru.