Pasar Krempyeng Setro Kemitir, Upaya Warga Desa Tingkatkan Ekonomi Pasca Pandemi

MENARANEWS.COM (Demak) – Setelah dua tahun perekonomian lesu karena pandemi, kini perlahan – lahan sektor ekonomi mulai menggeliat bangkit, salah satunya dengan menggelar Pasar Krempeng.

Adalah Dukuh Kemitir 04/03 yang menjadi lokasi pasar Krempeng di Desa Purosari, Kec Sayung, yang mana pada Minggu (23/10/22) resmi dibuka untuk diadakan setiap hari minggu mulai pukul 05.00 s.d 11.00 wib.

Nur Choliq Ketua RT IV/ 03 Dukuh Setro Kemitir Desa Purwosari mengatakan, bahwa gelaran Pasar Krempyeng itu merupakan wujud program kerjanya sebagai ketua RT yang baru terpilih, dari sektor peningkatan ekonomi masyarakat melalui UMKM.

“Tujuannya (Pasar Krempeng -red) tentu saja agar geliat perkekonomian di dukuh Kemitir bisa berdampak langsung pada masyarakat. Sehingga masyarakat desa tidak hanya menjadi penonton, akan tetapi ikut langsung terlibat, ujarnya.

Choliq menjelaskan, terdapat puluhan stan yang didirikan di Pasar Krempyeng ini dengan ukuran masing-masing 2 meter x 2 meter dan diisi oleh pelaku UMKM lokal utamanya warga Dukuh Kemitir, secara gratis.

Sementara itu Mantan Ketua RT Sentro Kemikir, Asnawi, yang kini tinggal di Jroto Kudu, Semarang, sengaja hadir pada peresmian menyampaikan apresiasi serta. menaruh harap agar warga Desa Purwosari dapat mengkampanyekan dan mengenalkan produck produck yang ada di Setro Kemitir.

"Semoga dengan diresmikan Pasar Krempnyeng ini, dapat tercipta hubungan yang harmonis dan dinamis, serta dapat mengembangkan potensi dan bakat di bidang kewirausahaan, untuk pemberdayaan ekonomi masayarakat di sekitarnya," tutup Asnawi (Nungki)