Universitas Indonesia Tegaskan Pelaksanaan UTBK Mengacu Kebijakan LTMPT

MENARAnews, Depok (Jawa Barat) – Universitas Indonesia (UI) hari ini menggelar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021. Kegiatan tersebut digelar di masing-masing fakultas diantaranya Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) hingga Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) UI Amelita Lusia mengatakan, sejauh ini pelaksanaan UTBK SBMPTN di UI kampus Depok dan Salemba berjalan lancar di masa pandemi Covid-19 karena para peserta menerapkan protokol kesehatan. Hal itu juga didukung oleh UI yang menampilkan imbauan protokol kesehatan pada videotron gerbang utama.

“Sejauh ini lancar. Tidak ada kendala dengan penerapan prokes. Para peserta ini memahami sekali bahwa kita semua ada di masa pandemi Covid-19,” ujarnya, (14/04/2021)

Ia menjelaskan, tidak ada perbedaan pelaksanaan UTBK sebelum dan pada saat memasuki bulan puasa. Ia menegaskan bahwa pelaksanaan UTBK mengacu pada kebijakan dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT)

“Tidak ada perbedaan, kami mengikuti kebijakan dr LTMPT,” imbuhnya.

Ia menambahkan, selama UTBK berlangsung, terdapat beberapa peserta yang tidak hadir dengan berbagai alasan. Namun, sejauh ini tidak ada peserta yang sakit pada saat pelaksanaan UTBK.

Terpisah, Kabiro Humas dan KIP FEB UI Tridianto Subagio mengatakan, pelaksanaan UTBK SBMPTN di FEB Kampus UI Depok lebih ditingkatkan dan diperketat, termasuk protokol kesehatan.

“Kalau dari FEB sendiri, pelaksanaan UTBK tahun ini lebih ditingkatkan dan lebih diperketat, diantaranya pengukuran suhu, pengecekan kelengkapan, terus kemudian hari minggu kemarin kita masih bertugas untuk memberikan simulasi kepada tim dan itu dihadiri juga oleh Wakil Rektor I. Jadi saya rasa mudah-mudahan tidak ada masalah terkait Covid-19,” tutupnya. (MY)