Jemaah Calon Haji Diimbau Jaga Kesehatan

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Menjelang pemberangkatan jemaah Calon Haji (Calhaj) pada esok hari, sejumlah persiapan dilakukan oleh Kantor Kemenag Pandeglang seperti pencocokan data administrasi dengan data pada koper milik jemaah Calhaj.

Persiapan itu dilakukan di gedung penyelenggaraan Haji dan Umroh, yang berada tepat di belakang Masjid Al Ikhlas Kantor Kemenag Kabupaten Pandeglang. Tampak ratusan koper tersebut tersusun rapi baik di teras gedung maupun di dalam gedung.

Saat ditemui di ruangannya, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Pandeglang, Wawan Sofwan mengatakan, kesiapan pemberangkatan jemaah Calon Haji sudah mencapai 100 persen. Para jemaah calon haji tinggal diberangkatkan ke Asrama Haji Embarkasi pondok gede.

“Alhamdulillah sudah lengkap, kategori yang berangkat, sudah clear, sudah ready, tinggal menunggu berangkat,” ujarnya, (23/7/2019).

Ia menambahkan, tiga hari sebelum pemberangkatan, jemaah Calon Haji harus mengantarkan kopernya ke Kantor Kemenag Pandeglang dan pihak Kemenag Pandeglang yang mengantar koper tersebut ke Pondok Gede. Para jemaah Calon Haji tidak diperkenankan untuk membawa koper masing-masing ke Pondok Gede.

“Tiga hari sebelum pemberangkatan Jemaah Calon Haji sudah harus mengantar koper ke Kantor Kemenag Pandeglang. Kalau koper tidak bisa dibawa masing-masing, itu tanggung jawab kita bawa ke Pondok Gede,” ungkapnya.

Wawan menegaskan, para jemaah calon haji yang akan diberangkatkan pada esok hari, diiumbau agar menjaga kesehatan karena cuaca di Madinah cukup panas sehingga kondisi tubuh harus fit pada saat beribadah.

“Imbauan saya sebagai Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Pandeglang, pertama, Secara administrasi harus betul-batil baik. Kedua, jaga kesehatan,” tukasnya.

Direncanakan pemberangkatan pertama jemaah Calon Haji asal Pandeglang dimulai pada esok hari sekitar pukul 07.00 WIB yang akan dilepas langsung oleh Bupati Pandeglang Irna Narulita. (IN)