Perindo Bali Gelar Pelatihan dan Pendidikan Instuktur Saksi

MENARAnews.com, Denpasar (Bali) – Perayaan Pesta Demokrasi kian dekat, tidak hanya penyelenggara Pemilu yang sibuk mengoptimalkan persiapan Pemilu 2019, Partai Perindo Bali juga tengah mempersiapkan calon – calon saksi TPS dalam Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Instruktur Saksi TPS oleh Partai Perindo. Kegiatan tersebut digelar di Hotel Nusa Indah, Jalan Waribang, Denpasar Timur (2/3/2019).

100 orang dari unsur pimpinan DPD, DPC, caleg Perindo sesuai dapil mengikuti kegiatan instruktur saksi. Narasumber dalam diklat ini meliputi Ketua KPU Bali I Dewa Gede Agung Lidartawan, dan Angggota Bawaslu Bali Dewa Kade Wiarsa Raka Sandhi.

“Diklat instruktur saksi TPS ini sangat penting dalam upaya mengawal suara caleg-caleg Partai Perindo dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 17 April 2019 dari bergagai potensi kecurangan pihak tertentu,” jelas Ketua Panitia I Ketut Gede Adi Saputra.

Instruktur saksi ini akan meneruskan melakukan pelatihan di masing-masing dapil kabupaten/kota atau kecamatan se-Bali terhadap total 12.386 orang saksi Perindo sesuai jumlah TPS Pileg 2019 di Bali.

“Instruktur saksi ini menjadi semacam guru saksi yang akan meneruskan materi dan ilmu yang didapat kepada seluruh saksi Perindo,” ucap Adi Saputra, yang juga Sekretaris Tim Operasi Pemenangan (TOP) 9 DPW Partai Perindo Provinsi Bali.

Ketua KPU Bali I Dewa Gede Agung Lidartawan dan Angggota Bawaslu Bali Dewa Kade Wiarsa Raka Sandhi, turut hadir memberikan materi pembekalan. Para instruktur dibekali pemahaman dan materi terkait sejumlah aturan Pemilu, teknis rekapitulasi suara dan pengamanan suara hingga strategis mencegah berbagai potensi kecurangan, termasuk bagaimana penanganan dan pelaporan jika ada kecurangan di TPS. Selain itu, juga dibekali materi strategi membangun komitmen dan loyalitas saksi. Lalu fungsi peran dan tugas pokok saksi sebelum, saat dan setelah pungut hitung suara di TPS. Hingga mekanisme pelaporan hasil perhitungan suara di TPS ke dalam sistem database Partai Perindo Bali.

Hal sama juga dituturkan oleh Sekretaris DPW Partai Perindo Provinsi Bali, I Nyoman Widana, Caleg DPRD Bali dapil Karangasem nomor urut 1 itu menyatakan diklat saksi secara masif terhadap seluruh saksi TPS Perindo dijadwalkan rampung sebelum akhir Maret 2019.

“Karena kemenangan itu tentunya ada di saksi. Jadi kami siapkan tutor saksi yang hadir pada kesempatan hari ini untuk nantinya memberikan suatu pemahaman secara teknis baik mengenai teknis penghitungan suara kepada seluruh saksi Perindo,” ujarnya.

Selain itu saksi juga diberikan pemahaman khusus, sebab Pemilu tahun ini berbeda dengan pemilu lima tahun yang lalu, karena kita melakukan Pemilu secara serentak antara pemilihan legislatif dan presiden. Untuk itu para saksi tidak hanya bertugas saat di TPS, tapi sebelum pemungutan suara pun juga diwajibkan ikut aktif mensosialisasikan Pemilu ke masyarakat agar tidak golput.

“Kami pun dari DPW Perindo se-Indonesia pada tanggal 19 sampai 20 Maret ini akan melakukan rapat koordinasi nasional (rakornas) di Jakarta berkaitan dengan masalah saksi dan TPS agar persiapan kami semakin matang,” papar I Nyoman Widana. (DA)

 

Editor: N. Arditya.