Per Januari - Juni 2018, Kenaikan Ekspor Bali Didominasi Hasil Pertanian

MENARAnews.com, Denpasar (Bali) – Dilihat berdasarkan data pengajuan Surat Keterangan Asal barang (SKA) realisasi Ekspor Bali per Januari sampai Juni 2018 dari total masing-masing komoditas dari Nilai dan komoditas ekspor terhadap ekspor mulai dari, komoditas hasil Industri, Kerajinan, Perkebunan, Pertanian dan lain-lainnya yaitu, untuk jumlah total Nilai sebesar US.$ 387,233,866.41 serta dengan Komoditas ekspor terhadap nilai ekspor sebesar 100.00%, itu disampaikan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Bali, I Putu Astawa, Senin, (13/8) saat ditemui di ruang kerjanya, Renon, Denpasar

“Dilihat total keseluruhan realisasi ekspor daerah Bali per Januari sampai Juni 2018 untuk jumlah nilainya mencapai US.$ 387,233,866.4 dengan total jumlah komoditas ekspor terhadap nilai ekspor sebesar 100.00%,” jelasnya.

Dipaparkan, adapun total Nilai serta komoditas ekspor terhadap nilai ekspor dari jenis-jenis komoditas tersebut mulai dari, untuk total jumlah hasil Industri dengan jenis-jenis komuditas antaralain: Ikan dalam kaleng, Komponen/rumah jadi, Plastik, Sepatu (alas kaki), Tas serta Tekstil dan Produk Tekstil. Dilihat dari nilainya yaitu sebesar, US.$ 80,425,119.51 dengan total komoditas ekspor terhadap nilai ekspor yaitu sebesar, 20.77%, untuk total jumlah hasil kerajinan dengan jenis-jenis komoditas diantaranya: Kerajinan alat musik, Anyaman, Bambu, Batu Padas, Furniture, Kayu, Keramik, Kerang, Kulit, Lilin, Logam, Lukisan, Perak, Rotan, Terracotta dan kerajinan Tulang. Dengan total Nilai dari keseluruhan jenis-jenis komoditas tersebut yaitu, sebesar US.$ 116,174,967.64 dengan total komoditas ekspor terhadap nilai ekspor yaitu sebesar, 30.00%.

Selanjutnya total jumlah hasil Perkebunan dengan jenis-jenis komoditas antaralain: Kakao, Kopi, Panili dan perkebunan lainnya. Total Nilai dari keseluruhan jenis-jenis komoditas tersebut yaitu, sebesar US.$ 428,425.85 dengan total jumlah komoditas ekspor terhadap nilai ekspor yaitu sebesar, 0,11%.

Sedangkan untuk total jumlah hasil Pertanian dengan jenis-jenis komoditasnya antaralain: buah-buahan, Ikan Hias Hidup, Ikan Kakap, Kepiting, Kerapu, Ikan Nener, Tuna, Lobster, Rumput Laut serta Sirip Ikan Hiu. Dengan total Nilai dari keseluruhan jenis-jenis komoditas tersebut yaitu, sebesar US.$ 189,081,684.13 dengan total jumlah komoditas ekspor terhadap nilai ekspor yaitu sebesar 48.83% yang terakhir jenis komoditas lain-lainnya untuk untuk nilainya yaitu, sebesar US.$ 1,123,669.28 dengan total jumlah komoditas ekspor terhadap nilai ekspor yaitu sebesar 0.29%.

“Jadi itu data yang bisa kami sampaikan, berdasarkan dari total masing-masing komoditas dilihat dari total nilai dan komoditas ekspor terhadap ekspor, realisasi ekspor daerah Bali per Januari sampai Juni 2018 mulai dari, komoditas hasil Industri, Kerajinan, Perkebunan, Pertanian dan lain-lainnya,” pungkasnya. (NN)

Editor: N. Arditya