Kementrian Perdagangan Tekankan Pentingnya Stabilisasi Harga Menjelang Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Galungan

MENARAnews.com, Denpasar (Bali) – Upaya stabiliasasi harga bahan pokok terus dilakukan oleh Pemerintah Pusat melalui sinergitas dengan pemerintah daerah. Hal ini terbukti dengan dilakukannya kunjungan kerja oleh Staf Ahli Kementrian Perdagangan, Bidang Perdagangan Jasa didampingi oleh perwakilan Staf Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Provinsi Bali, ke sejumlah pasar diwilayah Denpasar, Kamis (3/5/2018).

Dalam kunjungannya Staf Ahli Kementrian Perdagangan, Bidang Perdagangan Jasa, Lasminingsih menyampaikan bahwa kunjungannya ke Pasar Kreneng dan Pasar Badung merupakan langkah nyata dalam rangka mewujudkan stabilisasi harga menjelang Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Galungan. “Hal ini merupakan pekerjaan besar dimana pemerintah harus dapat memastikan bahwa bahan-bahan pokok yang dibutuhkan masyarakat itu tersedia terlebih lagi menjelang perayaan hari besar agama” tuturnya.

Sementara itu, hasil pantauan bahwa sebagian komoditas mengalami fluktuasi tetapi masih dalam batas wajar. Tren harga juga mulai terjadi penurunan beberapa komoditas seperti cabai dan daging ayam. Kedepannya diharapkan ketersediaan barang memadai sehingga tidak ada permainan harga. “Kita harus dapat menjaga dan meyakinkan masyarakat bahwa ketersediaan barang dan harga sampai pada hari H nanti, permainan harga juga akan kita antisipasi dengan optimalisasi kinerja dari Satgas Pangan yang ada” tegasnya.

Ditekankannya kembali apabila masyarakat menemukan hal-hal yang tidak baik maka dapat melaporkan langsung ke Satgas Pangan, baik pihak Disperindag, maupun Bulog di wilayah masing-masing dimana hal ini akan sangat bermanfaat dalam menjaga stabilitas bahan pokok kedepannya. (NN)

Editor: N. Arditya