Perkuat Silaturahmi dan Pengembangan Program, PMI Kota Jambi Berkunjung ke PMI Kota Bukittinggi

MENARAnews, Bukittinggi (Sumatera Barat) – Dalam rangka memperkuat silaturahmi, pengembangan program serta peningkatan kualitas SDM, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jambi melakukan kunjungan dan silaturahmi ke PMI Kota Bukittinggi, Kamis (21/11/2017). Rombongan pengurus PMI Kota Jambi dipimpin langsung oleh Ketua PMI Kota Jambi, Hartman Manaf dan disambut langsung oleh Ketua PMI Kota Bukittinggi, H. Chairunnas serta Kepala Markas PMI Kota Bukittinggi, Ahmad Jais.

Ketua PMI Kota Jambi, Hartman Manaf mengatakan, kunjungan tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan profesionalisme serta pengembangan kelembagaan sebagai organisasi sosial dan kemanusiaan. Pihaknya juga menilai bahwa PMI Kota Bukittinggi memiliki hubungan yang bagus dengan sub-sub di bawahnya.

“PMI Kota Bukittinggi lebih bagus karena ada sinergi antara markas dengan UTD. Pusat menginginkan seperti itu. Ditambah lagi terlihat pengurus PMI Kota Bukittinggi juga aktif,” katanya.

Ditanya tentang sistematika donor darah di Kota Jambi, Hartman Manaf menjelaskan bahwa pelaksanaan donor darah di Kota Jambi berbeda dengan di Kota Bukittinggi.

“Produksi darah di PMI Kota Jambi mencapai antara 1600 hingga 1800 kantong/bulan. Donor darah di Jambi ada yang berasal dari instansi-instansi dan swasta. Sementara itu, hampir setiap instansi melaksanakan donor darah, seperti Universitas Jambi (UNJA) yang hampir setiap bulan melakulan tiga kali donor darah. Bahkan mereka mendeklarasikan dirinya sebagai Bank Darah Berjalan,” ujarnya.

Pihaknya melanjutkan, dengan adanya kunjungan tersebut diharapkan mampu meningkatkan pelayanan PMI Kota Jambi kepada masyarakat. Untuk mewujudkan hal tersebut, PMI tidak bisa bergerak sendirian tanpa adanya dukungan dari pemerintah kota setempat.

“Terkait dengan dukungan Pemkot setempat hampir sama dengan di Bukittinggi. Pemkot selalu memfasilitasi walaupun hanya operasional untuk kegiatan. Harapannya PMI Kota Jambi dapat mengambil sisi positif dari kunjungan ini sehingga pelayanan kepada masyarakat juga terus meningkat,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua PMI Kota Bukittinggi, H. Chairunnas mengapresiasi kunjungan dari PMI Kota Jambi. Pihaknya menilai bahwa dengan adanya kunjungan seperti ini, diharapkan dapat memberikan motivasi kepada anggota PMI Kota Bukittinggi agar terus berbenah dan tidak terlena terhadap prestasi yang telah dicapai.

“Terimakasih atas kunjungan dari PMI Kota Jambi ke PMI Kota Bukittinggi. Dengan adanya kunjungan itu, diharapkan dapat menjadi cambuk bagi anggota PMI Kota Bukittinggi untuk terus berbenah agar lebih baik lagi. PMI Kota Bukittinggi tidak boleh terlena atas prestasi yang telah didapat menjadi yang terbaik di Provinsi Sumatera Barat. Kita akan jadwalkan pada tahun 2018 untuk berkunjung juga ke PMI Kota Jambi,” tegas H. Chairunnas.

Kunjungan yang berlangsung singkat tersebut diakhiri dengan foto bersama dan melakukan peninjauan langsung kebagian-bagian di PMI Kota Bukittinggi serta melihat infrasturuktur yang dimilki oleh PMI Kota Bukittinggi. (AD)