Pemko Bukittinggi Peringati Tiga Hari Besar Sekaligus

MENARAnews, Bukittinggi (Sumatera Barat) –  Bertempat di Halaman Balaikota Bukittinggi, Pemkot Bukittinggi memperingati tiga hari besar sekaligus yaitu Hari Bela Negara ke 69, Hari Ibu dan Hari Nusantara, Selasa (19/12/2017). Upacara peringatan tiga hari besar itu dihadiri oleh Forkopinda dan seluruh SKPD di Lingkungan Pemko Bukittinggi serta dipimpin langsung oleh Walikota Bukittinggi.

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias dalam kesempatan itu membacakan tiga sambutan, yaitu sambutan Presiden RI tentang Peringatan Hari Bela Negara ke 69, Sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI dan Sambutan Walikota Bukittinggi sendiri tentang Hari Nusantara.

“Bela Negara memiliki spektrum yang sangat luas di berbagai bidang kehidupan, mulai dari politik, ekonomi, sosial dan budaya. Bela Negara Negara bisa dilakukan oleh setiap warga Negara yang mewujudkan dalam kehidupan sehari-hari sesuai peran dan profesinya. Jokowi mengajak seluruh warga Negara untuk membangun kesadaran bersama bahwa kelangsungan hidup kita sebagai bangsa adalah totalitas dari seluruh kekuatan rakyat,” ujar Walikota Bukittinggi membacakan sambutan Presiden RI.

Selanjutnya terkait Hari Ibu, Walikota Ramlan membacakan sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Tema Peringatan Hari Ibu ke 89 adalah “Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya”. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mengajak semua perempuan untuk maju terus, mampu menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif, percaya diri, dan meningkatkan kualitas dan kapabilitas dirinya, sehingga bersama laki-laki menjadi kekuatan yang besar dalam membangun keluarga, masyarakat dan bangsa.

Sementara itu, berkaitan dengan Hari Nusantara Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias mengatakan, dengan peringatan Hari Nusantara dapat meningkatkan kewaspaan kita terhadap ancaman yang akan merusak dan memecah NKRI. Karena itu Ramlan mengajak kita semua untuk mendorong semangat persatuan generasi muda dalam memahami pentingnya kebersamaan dalam mewujudkan persatuan.

Upacara ditutup dengan pengumuman pemenang Kelurahan Berprestasi tingkat Kota Bukittinggi 2017 dan Kompetensi Lurah Terbaik 2017. Adapun pemenang Kelurahan Berprestasi yaitu Kelurahan Belakang Balok sebagai Terbaik I dan berhak menerima hadiah sebesar Rp. 35 juta berikut piala, Kelurahan Puhun Tembok sebagai Terbaik II dan berhak atas hadiah Rp. 10 juta berikut piala dan Kelurahan Aur Tajungkang Tangah Sawah sebagai terbaik III dan berhak menerima hadiah Rp. 7,5 juta berikut piala.

Sedangkan Pemenang Kompetensi Lurah adalah Lurah Puhun Tembok sebagai Terbaik I dan berhak menerima hadiah Rp. 7,5 juta berikut piala, Lurah Aur Kuning sebagai Terbaik II dan berhak menerima hadiah Rp. 3,5 juta berikut piala dan  Lurah Benteng Pasar Atas sebagai Terbaik III dan berhak menerima hadiah Rp. 2,5 juta berikut piala. (ril/AD)