Hari Ke Empat, KPUD Tubaba Belum Terima Berkas Parpol

MENARAnews, Tubaba (Lampung)_Hingga hari ke empat dibukanya pendaftaran partai politik calon peserta pemilu 2019, belum ada satupun parpol yang mendaftar ke kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tulang Bawang Barat. Padahal KPU telah melakukan sosialisasi sebelum dimulainya tahapan pendaftaran parpol.

Menurut Ketua KPUD Tubaba Ismanto Ahmad, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL)‎ terkait semua verifikasi parpol sebelum pendaftaran dibuka. Namun hingga hari ke empat belum ada calon peserta Pemilu dari Parpol yang mendaftar.

“Kita sudah mensosialisasikan sejak tanggal 2 Oktober yang lalu. Kemudian pendaftaran Parpol sudah kita buka sejak tanggal 3 Oktober kemarin,” kata Ismanto Ahmad, Sabtu (7/10/2017).

Ismanto menyebutkan, masa waktu penyerahan berkas akan berlangsung hingga 16 Oktober mendatang. Karena itu ia berharap seluruh partai politik dapat mengantarkan berkasnya secepatnya.

Sementara itu ia meminta, khususnya bagi partai politik baru pihaknya berharap agar dapat memanfaatkan help desk yang ada di KPU. Dengan begitu segala informasi yang dibutuhkan dapat diperoleh secara maksimal.

“Help desk ada di kantor KPU, kita minta bisa memanfaatkan untuk berdiskusi dan berkordinasi agar mereka (partai baru-red) lebih terbantu dalam pemberkasannya, karena kalau berkas tak lengkap ya dikembalikan,” tegasnya.

Disinggung berkas apa yang terpenting dalam masa pendaftaran tersebut, Ketua KPU menjelaskan diantaranya yakni terkait Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Ia berpesan, agar seluruh partai politik melengkapi seluruh berkas yang di perlukan.

“Kita tidak bisa memprediksi kapan partai akan menyerahkan salinan berkas tersebut. Sebab hari ini baru hari ke empat pendaftaran, sedangkan sisa waktu pendaftaran masih lama,” tutup Ismanto. (JE)