H-1 Penutupan, Enam Parpol Lolos Verifikasi Berkas

MENARAnews, Tubaba (Lampung)_Komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tulangbawang Barat, Yudi Agusman, mengatakan hingga H-1 penutupan pendaftaran baru enam partai politik (parpol) lolos verifikasi berkas sebagai calon peserta Pemilu 2019.

“Berkas Parpol yang sudah dinyatakan lengkap itu ada Perindo, PSI, NasDem, PDI-P, PKS dan Partai Berkarya,” kata Yudi Agusman, Komisioner KPU Tubaba Bidang Divisi Hukum, Minggu (15/10/2017).

Untuk itu, Yudi mengingatkan agar partai politik yang hendak mendaftar, dapat memperhatikan batas waktu yang telah ditetapkan KPU RI.

“Pendaftaran ditutup tanggal 16 Oktober pukul 24.00 WIB. Sedangkan verifikasi penelitian administrasi salinan KTA dan eKTP mulai dilakukan pada tanggal 17 Otober,” paparnya.

Pada tahapan verifikasi faktual di ahir Desember 2017 mendatang, pihaknya akan melakukan pengecekan kantor, sebaran anggota, kepengurusan serta keterwakilan perempuan

“Namun untuk partai lama, KPU hanya melakukan proses administrasi,” ujarnya.

Dari data KTA dan KTP yang diserahkan akan dilakukan verifikasi manual dengan cara sampling, misalnya 1 per 1000 atau sampel sekitar 10 persen.

“Nantinya berkas partai politik tersebut akan diserahkan ke KPU Pusat, karena keputusan keikutsertaan partai politik tersebut kewenangan KPU RI,” tutupnya. (JE)