Semarak, Karnaval Kemerdekaan Demak dari Gelar Budaya Hingga Kampanye Makan Ikan

Menaranews.com (Demak) – Diawali dengan sajian tarian kreasi dari berbagai suku di nusantara dari usia 7 hingga 17 tahun, dilanjutkan dengan pemukulan kentongan dan pelepasan merpati ke udara oleh Bupati Demak dan Forkopimda Kab Demak, Karnaval Kemerdekaan 2023 pun dimulai, pada Sabtu (19/8/23).

Bupati Demak, dr. Eisti’anah menyampaikan bahwa unsur kebhinekaan sangat kental dan terlihat dalam Gelar Budaya di Karnaval Kemerdekaan 2023. Menurutnya hal tersebut merupakan perpaduan dari potensi – potensi yang dimiliki Kab Demak.

“Apa yang ditampilkan pada Karnaval Kemerdekaan 2023 ini merupakan bentuk dari potensi – potensi dari berbagai pihak yang harapannya dapat dijaga bersama sehingga generasi penerus dapat melanjutkannya,” ucap Bupati.

Bupati bersama Forkopimda membuka gelaran Karnaval Kemerdekaan 2023 dengan memukul kentongan (dok.pemdim)

Di depan panggung kehormatan, 90 kontingen peserta Karnaval silih berganti menunjukkan aksi dan hasil karya masing – masing. Apresiasi pun diberikan Bupati dan Forkopimda serta tamu undangan dan juga masyarakat yang tampak antusias memenuhi sepanjang rute Karnaval.

Mobil hias dengan membawa gunungan hasil panen dan kambing dari Dinas Pertanian Kab Demak.

“Karnaval ini semarak lebih meriah dari pada tahun lalu. Gunungannya lebih banyak, pakaian karnavalnya walau ada yang dari tas kresek (kantong plastik -red) tapi bisa bagus. Bahkan ada bagi bendera, saya dapat bendera dan dapat snack ikan,” ucap Denok, warga Bango yang hadir bersama dengan keluarga besarnya.

Karnaval Kemerdekaan 2023 Kab Demak, menurut PLT Kadin Pariwisata Kab Demak, Dra. Endah Cahyarini, merupakan hasil kerjasama yang manis dan hasil kolaborasi yang apik dari segala pihak.

“Kami beesinergi untuk Karnaval 2023 dan berharap ini menjadi karnaval yang akan dikenang sepanjang masa,” ucap Endah.

Adapun peserta Karnaval Kemerdekaan 2023 diikuti oleh sekolah, instansi pemerintah, swasta, BUMD juga komunitas, dengan sajian gelar budaya, fashion show, paskibra, puncak silat, mobil hias, tarian, pembagian bendera, kampanye makan ikan, hingga penyampaian pakta integritas dari penyelenggara Pemilu 2024. (Nungki)