Rakerda ESI Jateng, Ketua Umum : Pengurus Daerah Harus Persiapkan Atlet untuk Jangka Panjang

MENARANEWS.COM (Semarang) – Electronic Sport (E-Sport) merupakan cabang olah raga (cabor) prestasi yang mulai mendapat atensi serius di Indonesia.

Di bawah naungan Pengurus Besar E-Sport Indonesia (PB-ESI) atlet – atlet E-Sport Indonesia telah mampu berbicara di kancah International. Terbaru di Sea Games Kamboja 2023, kontingen Indonesia telah berhasil meraih 3 medali emas dan 2 medali perak.

Seirama dengan semangat tersebut, pengurus E-Sport Indonesia Jawa Tengah (ESI Jateng) melaksanakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) ESI Jateng bersama pengurus kabupaten/kota (pengkab/kota) ESI se-Jawa Tengah untuk menyusun program kerja. Hal tersebut disampaikan Ketua Umum ESI Jateng, Brigjen TNI Sulaiman S.Sos., M.H.

“Rakerda ini dilakukan dalam rangka menguatkan dan menyiapkan atlet menghadapi PON yang akan datang. Progam yang disusun masing – masing bidang akan dipedomani oleh masing Pengkab/kota dalam rangka pembinaan ESI kedepannya,” ucapnya usai membuka Rakerda ESI Jateng, di Monod Dhiephuis & Co, Kota Lama, Semarang pada Sabtu (27/5/23).

Ketua Umun ESI Jateng dan Ketua Harian ESI Jateng memberikan arahan dalam Rakerda 2023 (dok :ESIJateng)

Menanggapi adanya kendala dalam memajukan ESI di daerah, Ia menyampaikan bahwa itu adalah tantangan bersama yang harus disosialisasikan secara masiv dan berkelanjutan, karena menyadari bahwa masih banyak masyarakat, terutama generasi sepuh bahkan tokoh masyarakat yang belum memahami bahwa E-Sport merupakan bagian dari olahraga prestasi yang serius.

“Masyarakat saat ini belum memahami bahwa ESI ini olah raga yang menggunakan fasilitas electronik yang ada komponen ketangkasan di dalamnya, untuk itu harus terus disosialisasikan,” ucap Ketum ESI Jateng memaklumi.

Pengurus ESI Kab Kudus memberikan tanggapan dan masukan pada rakerda 2023 (dok : ESIJateng)

Untuk itu, lanjutnya, komponen ketangkasan inilah yang harus ditingkatkan oleh atlet – atlet Indonesia, terlebih lagi E-Sport Indonesia sudah berlaga di tingkat International serta turut ambil bagian dan juara.

“Kita harus memelihara kemampuan (ketangkasan -red) ini. Jangan sampai atlet – atlet kita tidak ada regenerasi. Maka pengurus di daerah harus mempersiapkan atlet untuk jangka panjang,” pungkasnya.

Dalam rakerda tersebut dipimpin oleh ketua harian ESI Jateng, M Zinedine Alam Ganjar, dengan agenda penyampaian program kerja dari koordinator masing – masing bidang kerja, untuk langsung ditanggapi oleh pengurus Kabupaten / Kota yang hadir.

Penyampaian program kerja diantaranya terkait keorganisasian, pembinaan atlet dan profesi, legalisasi wasit dan pelatih, hingga pembahasan mengenai serta segala macam komponen dalam pembinaan dan persiapan untuk atlet – atlet dalam mengikuti kompetisi E-Sport tahun 2023. (Nungki)