Dipimpin Presiden Jokowi Para Pegiat Lingkungan Hidup dan Wakil Bupati Demak Tanam Mangrove di Sayung

MENARANEWS (Demak) – Dipimpin langsung melalui vidcon oleh Presiden RI Joko Widodo, Kab Demak turut melaksanakan penanaman mangrove secara serentak di pesisir pantura, Senin (15/5/23)

Untuk wilayah Kab Demak, penamanan magrove dilakukan di Dukuh Sodong, Desa Sidogemah, Kecamatan Sayung, dipimpin oleh Komandan Lanal Semarang, Kolonel Marinir Hariyono Masturi serta dihadiri Wakil Bupati Demak, Ali Makhsun, Kepala Kejaksan Demak, Direktur Pelindo III Tanjung Emas Semarang, serta tamu undangan lainnya yang sebelum penanaman memberikan sembako pada masyarakat setempat.

“Kegiatan penanaman magrove hari ini begitu banyaknya antusias masyarakat dari berbagai lapisan maupun instansi dari TNI angkatan darat, TNI Angkatan Laut, pemerintah, kepolisian, kepala dinas kesbangpol Provinsi, wakil Bupati dan stake holder yang lain. Bersama-sama melaksanakan penanaman magrove bersama-sama yang tadi dipimpin oleh bapak presiden Indonesia ,” ucap Danlanal Semarang usai penanaman.

Ia menyampaikan bahwa sebanyak puluhan ribu bibit magrove ditanam dipesisir kota Semarang dan Kabupaten Demak.

“Kami hari ini menanam kurang lebih 10 ribu bibit magrove yang sebenarnya kami telah menanam bibit magrove setiap minggunya sudah dari 6 bulan yang lalu,” ucapnya.

Wakil Bupati Demak bersama Kajari Demak dalam penanaman Mangrove di Sayung

Ia melanjutkan banwa dampak dari penanaman magrove ini sangat positif, sebagai upaya untuk mengantisipasi banjir rob.

“Secara alami sebagai bahan antisipasi banjir rob adalah menanam magrove. Apabila seluruh pesisir wilayah Demak dan Semarang ditanami magrove di 5-10 tahun kedepan tanaman ini sudah tumbuh besar itu salah satu menahan banjir rob,” tambahnya.

Ia menambahkan untuk kedepan akan melakukan kegiatan penanaman magrove secara runtin yaitu seminggu sekali.

“Kami punya target sepanjang pesisir Demak sampai Semarang akan ditanami magrove,” pungkasnya. (Nungki)