PW FATAYAT NU DAN UNICEF AJAK REMAJA JADI DUTA REPRODUKSI OKY

MENARANEWS.COM (Demak) – Pengurus Wilayah Fatayat Nahdlatul Ulama Jawa Tengah (PW Fatayat NU Jateng) dengan dukungan UNICEF mengajak remaja di Kab Demak memahami tentang tubuhnya serta memperkenalkan aplikasi Oky di SMU Negeri 1 Demak, Kamis (9/2/23).

Solkhah Mufrikhah selaku Sekjen PW Fatayat NU Jateng, menyampaikan bahwa Oky merupakan sebuah aplikasi pelacak mentruasi dan juga beragam informasi kesehatan yang pertama kali dibuat di dunia pada ratusan siswa yang terdiri dari berbagai SMU/SMK di kab Demak.

“Kesehatan reproduksi wajib diketahui semua lapisan, baik laki – laki dan perempuan, dengan harapan adik – adik yang hadir di sini, bisa menjadi Duta untuk menginformasikan informasi ini (kesehatan reproduksi dan Oky -red) pada sekolah masing. Sehingga adek – adek yag hadir di sini merupakan Duta Reproduksi dan Duta Kesehatan Oky,” ucap Solkhah.

Paparan terkait kesehatan reproduksi oleh PW Fatayat NU Jateng di hadapan remaja di SMU N 1 Demak

Ia juga menyampaikan aplikasi tersebut dapat menjembatani akses – akses terkait sex dan reproduksi. Dalam aplikasi yang dibuat remaja bernama Oky tersebut memuat informasi berbasis ilmiah, games, gaya hidup serta terdapat ensiklopedia seputar kesehatan dan buku harian untuk mencatat terkait kondisi tubuh.

“Dengan mencatat siklus menstruasi setiap bulannya, maka bisa memberikan informasi jika terdapat ketidakteraturan menstruasi, meningkatkan kesadaran tentang kesehatan dan kebugaran secara keseluruhan, serta dapat mengantisipasi perubahan suasana hati,” imbuhnya.

Ia pun berharap dengan memahami kondisi tubuhnya, remaja dapat mencegah segala hal yang berakibat buruk bagi kesehatan reproduksi, karena remaja (terutama perempuan0 merupakan kelompok yang rentan akan terkena saluran reproduksi karena rendahnya pengetahuan tentang bagaimana harus mengelola kebersihan dan kesehatan pada saat menstruasi.

Dalam kesempatan tersebut remaja Duta Kesehatan Oky tersebut beramai – ramai mendowload aplikasi Oky dan mulai memanfaatkan fitur – fitur yang ada di dalamnya. (Nungki)