Bupati Demak Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi

MENARANEWS.COM (Demak) – Stabilitas harga pangan yang saat ini menjadi isu di tengah masyarakat, menjadi agenda pembahasan dalam rapat koordinasi (rakor) yang dipimpin oleh Mendagri Tito Karnavian dan diikuti oleh kepala daerah seluruh Indonesia, tak terkecuali Bupati Demak, Hj. dr Eisti’anah.

Dalam akor yang dilakukan secara daring tersebut, Bupati Demak didampingu Sekda Demak, Akhmad Sugiharto, S.T., M.T., Dinas Pertanian dan Pangan Demak Agus Herawan, S.IP., MM. perwakilan Dinhub serta Bagian Perekonomian Setda Demak mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah secara daring, di Ruang Command Center, Senin (9/1/2023).

Mendagri menyampaikan, bahwa sesuai arahan Presiden Joko Widodo rakor tersebut akan diselenggarakan secara rutin dengan tujuan agar tiap Kepala Daerah memiliki pemahaman terkait inflasi juga stabilitas harga, karena angka inflasi nasional ditentukan oleh kerja Pemerintah Pusat dan seluruh daerah.

Mendagri juga meminta agar seluruh Kepala Daerah membentuk Posko Pengendalian Inflasi Daerah dengan memanfaatkan mengoptimalkan peran Satgas Pangan Daerah dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah.

“Tolong dibuatkan poskonya, ditunjuk orang-orangnya dan kemudian dibuatkan programnya untuk dibiayai sehingga terbentuk sistem. Dengan adanya tim itu, Kepala Daerah akan menerima masukan dan membuat keputusan. Jadi, sistem yang dibuat,” kata Mendagri.

Terkait hal tersebut pihak Pemkab Demak akan menindaklanjuti dan siap untuk melaksanakan instruksi dari Mendagri. (Anna)