FBS dan LBH APIK Semarang Sosialisasikan Carilayanan.com, Apa Itu?

MENARANEWS.COM (Demak) – Sebagai bentuk dukungan terhadap pelayanan untuk korban kekerasan anak dan perempuan di Kab Demak, Ketua DPRD Demak bersama LBH APIK Semarang menyelenggarakan sosialisasi website Carilayanan.com, Jumat (27/7/21)

Masnu’ah dari LBH APIK Semarang menyampaikan, Carilayanan.com merupakan website yang berisi direktori lembaga layanan di seluruh Indonesia untuk kasus kekerasan berbasis gender. Yang mana hal ini sangat penting untuk di pahami seluruh masyarakat luas, karena tinggi nya korban kekerasan yang terjadi pada perempuan dan anak.

Masyarakat dan juga korban, terkadang kurang mendapat informasi kemana harus cari perlindungan. Apalagi bagi masyarakat akar rumput yang jauh dari aksespenyedia layanan.

“Sehingga Carilayanan.com mempermudah bagi siapapun, dimanapun dan kapanpun untuk semua bisa cara bantuan hukum, konsultasi, konseling, rumah aman, medis melalui website: carilayanan.com yang di sesuaikan dengan wilayah masing-masing di seluruh Indonesia,” terangnya menjelaskan di Rumah Dinas Ketua DPRD Kab Demak.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Demak Bapak H.Fahrudin Bisri Slamet.SE, mengapresiasi adanya sosialisasi tersebut. Ia beharap dari semua desa dan kelompok masyarakat bisa mendapatkan pendidikan cari layanan terşebut.

FBS dan Masnu’ah berpose bersama peserta sosialisasi

“Sebab jarang masyarakat yang sadar dan paham ketika harus membantu korban itu mau ke mana,”ucap pria yang akrab dipanggil FBS ini.

Ia melanjutkan, bahwa adanya Pusat Pelayanan Terpadu  Kecamatan (PPTK) di semua tempat harusnya juga aktif dalam melakukan pendampingan dan perlindungan yang di butuhkan masyarakat, sampai ke tingkat desa.

“DinsosP2PA Kabupaten Demak dapat melakukan intervensi untuk semua desa agar gencar memberikan pemberdayaan/penyuluhan terkait pencegahan dan penanganan korban kekerasan di semua tempat dengan anggaran dana desa,” ucap Ketua DPRD.

Ia juga meminta agar semua pihakakan bersama-sama terus mengkampayekan pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Acara sosialisasi tersebut diikuti lintas komunitas paralegal, nelayan, petani, disabilitas, perkotaan dari berbagai kecamatan di Kabupaten Demak Provinsi Jawa Tengah, dan di hadiri oleh Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) Dinsos P2PA Kabupaten Demak. (NSN)