Vaksinasi Massal, Kolaborasi BIN Jatim Dengan Puskesmas di Jombang

MENARAnews com, Jombang (Jatim) – Vaksinasi massal terus dilakukan oleh pemerintah guna mencegah penularan virus Covid-19 di masyarakat. Terutama menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Hari ini, vaksinasi digelar oleh Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Jawa Timur bekerjasama dengan Puskesmas Jelakombo, Jombang.

Bertempat di Balai Desa Plandi, Kecamatan/Kabupaten Jombang, vaksinasi dilakukan oleh Puskesmas Jelakombo dengan tenaga kesehatan sekitar 12 orang.

Kepala Puskesmas Jelakombo, drg Dyah Suharti mengatakan, vaksinasi hari ini merupakan dosis kedua dengan menggunakan vaksin aztrazeneca. Namun, pihaknya juga melayani masyarakat yang belum vaksinasi dosis pertama.

“Bila ada masyarakat yang mendaftar vaksinasi dosis pertama, kita tetap layani. Karena vaksinasi ini berkaitan dengan kekebalan guna mencegah dari virus Covid-19,” katanya, di Balai Desa Plandi, Jumat (10/12/2021).

Dyah mengungkapkan, untuk tenaga kesehatan (nakes) dari Puskesmas Jelakombo yang dilibatkan dalam vaksinasi hari ini sekitar 12 orang. Dan pihaknya kerjasama dengan BIN mulai sejak senin yang lalu.

“Kita sebelumnya juga sudah beberapa kali di Desa Plandi ini. Sudah 5-6 kali pelaksanaan vaksinasinya. Kita menyasar ke desa-desa,” ungkapnya.

Selanjutnya, Kepala Desa Plandi Dwi Prayitno menerangkan, bahwa dengan adanya vaksinasi yang dilakukan Puskesmas Jelakombo yang bekerjasama dengan BIN sangat bermanfaat sekali.

“Jadi benar-benar bermanfaat buat saya, terutama kepada jajaran aparat desa. Karena kesulitan-kesulitan yang kita alami ini minimal bisa sharing sama BIN,” terangnya.

Menurut Dwi, BIN bisa menjadi jembatan bagi pihaknya dengan yang terkait untuk kepentingan masyarakat. “Dan Alhamdulillah, capaian vaksinasi hari ini, khususnya Desa Plandi sudah bisa maksimal,” tukasnya.

Warga terlihat antusias mengikuti vaksinasi ini. Sebelum suntik vaksin, peserta pendataan ulang, selanjutnya menjalani screening kesehatan dahulu, seperti cek suhu tubuh, cek tensi darah.

BIN Daerah Jawa Timur Purwanto menjelaskan, vaksinasi hari ini di Balai Desa Plandi, menyasar 700 orang untuk dosis satu dan dosis dua.
“Dan vaksinasi hari ini bukan hanya di Desa Plandi saja, namun serentak. Di antaranya di Dusun Sumber Winong, Desa Banjardowo, Puskesmas Pulo Lor, dan Puskesmas Bandar Kedungmulyo,” jelasnya.

Pihaknya menegaskan, untuk total sasaran pada vaksinasi hari ini, target 1900 orang. Dan tujuan digelarnya vaksinasi Covid-19 ini, untuk membantu pemerintah dalam percepatan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat.

“Juga mencegah atau mengantisipasi kemungkinan melonjaknya virus Covid-19, saat libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022,” pungkasnya.

Editor: N.Arditya