Tembakau Penyumbang Terbesar Penerimaan Negara


MENARANEWS (Demak) – Hal ini disampikan oleh Nurhaeni Hidayah, selaku Kepala Seksi Layanan Informasi Bea Cukai Semarang, saat menjadi narasumber di Radio Swara Kota Wali Demak, dengan tema Peran Tembakau Sebagai Komoditas Penyumbang Pendapatan Negara, Kamis (5/7/21).

Pihaknya menyampaikan bahwasannya tembakau menjadi salah satu komoditas penyumbang terbesar dalam pendapatan negara, dikarenakan tembakau merupakan salah satu sektor strategis domestik yang memiliki daya saing tinggi dan terus memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian di sektor Cukai.

Pihaknya menjelaskan bahwa cukai juga memiliki kearifan lokal di dalamnya, yaitu penyerapan tenaga kerja Negara.

“Cukai saat ini menjadi komoditas penting bagi petani perkebunan yang berupa tembakau dan cengkeh, jadi kontribusi industri hasil tembakau cukup tinggi, tentunya setelah industri makanan dan minuman,” ucapnya

Ia melanjutkan, bahwa industri tembakau ini menjadi insdustri unggulan di berbagai kota, di antaranya, Kudus, Jepara bahkan di Jawa Timur, di mana cukai hasil tembakau merupakan komoditas yang paling besar yang lebih mendominasi di Indonesia. (NSN)