Forkopimda dan Tokoh Publik Kab Demak Terima Vaksinasi Sinovac

MENARANEWS (Demak) – Pencanganan vaksinasi covid -19 di Kab Demak dimulai dengan diberikannya suntikan vaksin sinovac untuk forkopimda dan tokoh agama Kab Demak, di aula Puskesmas 1 Demak, Senin (25/1/21)

Sebagai penerima vaksin pertama dari kalangan pejabat publik, Ketua DPRD Demak, Fachrudin Bisri Slamet, menyampaikan bahwa tidak ada reaksi yang berlebihan saat menerima vaksinasi.

“Awalnya memang deg-deg-gan (berdebar -red), tapi semua baik-baik saja, apalagi ini untuk kepentingan kita, untuk kelompok kita. Rasanya lebih mirip seperti imunisasi dulu,” ucap Ketua DPRD Demak setelah selesai masa pemantauan 30 menit paska vaksinasi.

Hal yang sama juga dirasakan oleh pejabat dan tokoh publik yang lain, seperti Kapolres Demak, Sekda Demak, Kajari Demak, Ketua IDI, Ketua MUI, Danramil 1 Demak, Asisten 1 Bupati Demak, yang mana para penerima vaknisasi tersebut sudah melalui tahapan screaning kesehatan seperti yang disampaikan Kadinkes Demak, Guvrin M Putranto.

“Semua tokoh yang mendaparkan vaksinasi sudah melalui screaning kesehatan, bahkan untuk beliau yang tensinya masih rendah atau tinggi, kami tunda,” terang Ka Dinkes.

Sementara itu PLH Bupati Demak, Joko Sutanto, yang tidak mendapatkan vaksinasi karena berusia lebih dari 59 tahun, memberikan motivasi bahwa vaksinasi mampu menurunkan angka covid di kelompok masyarakat.

“Saya tidak bisa divaksin karena usia. Namun saya yakin dengan semakin banyak yang divaksin akan semakin menurunkan angka covid di masyarakat, sehingga masyarakat bisa produktif lagi,” terang PLH Bupati Demak.

Vaksinasi di Kab Demak tahap pertama dimulai pada 25 – 28 Januari 2021 dengan tiga sasaran, yakni pejabat publik dan tokoh masyarakat, para profesional tenaga kesehatan dan pelayan publik, serta masyarakat khusus.

Dimana menurut Ka Dinkes Kab Demak, jumlah total tenaga kesehatan di Kab Demak ada 3.609 orang, sementara untuk vaksin yang tersedia ditahap pertama sejumlah 2.845 dosis.

“Tahapan pemberian vaksin terdapat beberapa tahapan hingga April nanti, untuk tahap pertama ada 2.845 dosis yang harus selesai diberikan dari 25 Januari 2021 ini hingga 28 Januari 2021 nanti, sisanya nanti akan dikirim lagi,” pungkas Ka Dinkes.

Hadir juga dalam acara tersebut Dandim 0716/Demak, Kepala OPD Kab Demak, perwakilan NU, dan tokoh masyarakat. (NSN)