PPK Denpasar Timur Gelar Aksi “Green Election”, Bertepatan Dengan Peringatan Tumpek Wariga

MENARAnews.com, Denpasar (Bali) – Meski Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Denpasar Tahun 2020 masih menghitung bulan untuk mencapai puncaknya pada Rabu, 9 Desember 2020, tapi sudah banyak inovasi yang dilakukan oleh KPU Kota Denpasar beserta jajarannya dalam mensosialisasikan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Denpasar Tahun 2020 ini. Oleh umat Hindu di Bali, Tumpek Wariga yang juga disebut sebagai Tumpek Uduh dipercaya sebagai upacara untuk melestarikan lingkungan, khususnya melestarikan pohon. Momentum ini tidak disia-siakan, KPU Kota Denpasar bersama jajaran secara serentak melaksanakan Deklarasi Pilkada Ramah Lingkungan yang dilaksanakan di wilayah kerja masing-masing tak terkecuali oleh PPK Denpasar Timur (Dentim). Deklarasi Pilkada Ramah Lingkungan dilakukan oleh PPK Dentim di Kantor Camat Denpasar Timur, Minggu, (23/8/2020) .

Deklarasi ini dihadiri langsung oleh Camat Denpasar Timur Wayan Herman, S.Sos., M.Si, Sekretaris Camat Denpasar Timur I Made Tirana, SH., MH dan Ketut Ary Arta Yoga selaku Ketua Panwascam Denpasar Timur. Deklarasi Pilkada Ramah Lingkungan dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian jajaran penyelenggara Pilkada terhadap lingkungan khususnya pohon-pohon yang sudah sangat membantu penyelenggara dalam mempersiapkan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Denpasar Tahun 2020. Putu Gede Chandra Kirawan selaku Ketua PPK Dentim mengatakan bahwa momen ini sangat penting karena sebagai bahan dasar kertas dan tisu yang sering kali digunakan dalam penyelenggaraan Pemilu tentu banyak pohon yang sudah ditebang dan menjadi kewajiban manusia untuk menanam kembali pohon di alam bebas.

“Ini tentu menjadi bentuk ungkapan terima kasih kita kepada alam atau lingkungan karena senantiasa mempermudah aktivitas manusia. Dalam hal ini, penyelenggara yang begitu banyak menggunakan kertas dalam aktivitasnya ya mesti ikut berpartisipasi dalam melestarikan lingkungan. Salah satunya dengan menanam pohon di lingkungan kerja kita dan kami PPK Dentim memilih menanam pohon di lingkungan sekretariat kami,” pungkasnya setelah menanam pohon tabebuya.

Penanaman pohon tatebuya oleh PPK Dentim


Hal senada juga disampaikan oleh Wayan Herman, S.Sos, M.Si selaku Camat Denpasar Timur. Menurutnya, langkah dari penyelenggara dalam hal ini PPK sudah tepat sebagai bentuk kepedulian kepada lingkungan yang belakangan ini sering diabaikan oleh masyarakat.

“Meski kecil, tapi aksi ini saya harapkan dapat menjadi tauladan bagi masyarakat sekitar agar tetap menjaga keasrian dan kelestarian lingkungan khususnya di Denpasar Timur. Selain itu, di tengah masa pandemi yang belum kunjung mereda seperti ini saya mengimbau PPK Dentim beserta jajaran tetap mengutamakan protokol kesehatan dalam menjalankan tugas. Karena bagaimana pun, ini adalah tugas negara yang harus diselesaikan dengan baik,” tegas Herman dalam sambutannya.

Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Denpasar Tahun 2020 yang akan dilaksanakan pada Rabu, 9 Desember 2020 akan dilaksanakan dengan standar protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.(*)



Editor: N. Arditya