Negatif Corona, Tiga WNA di RSUP Sanglah Sudah Boleh Pulang

MENARAnews.com, Denpasar (Bali) – Dua dari tiga warga negara asing (WNA) yang masih diduga terjangkit virus Corona dan dirawat di RSUP Sanglah, dinyatakan negatif. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali dr. Ketut Suarjaya, MPPM, Sabtu (25/1/2020).

Dijelaskan bahwa hasil laboratorium menunjukkan bahwa dua pasien yang masih diobservasi terkait dugaan virus Corona juga dinyatakan negatif dan sudah dibolehkan keluar rumah sakit.

“Sudah. Hasilnya negatif semua. Dan mereka pulang dari rumah sakit hari ini,” ungkapnya.

Sebelumnya, hasil laboratorium wisatawan asal Meksiko telah lebih dulu keluar. Bahkan pasien itu pun sudah diperbolehkan pulang.

Atas kejadian dugaan virus Corona di Bali, Suarjaya menekankan antisipasi terhadap meluasnya virus Corona telah diinstruksikan oleh Pemprov Bali melalui surat resmi yang dikeluarkan Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati.

“Pertama, Pemprov Bali melakukan koordinasi dan bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan Denpasar, otoritas bandara dan pihak maskapai untuk mendeteksi secara dini wisatawan dari China dengan memasang thermal scanner di tempat kedatangan Internasional,” jelasnya.

Kedua, menyampaikan Surat Edaran ke Pemerintah Kab/Kota dan Rumah Sakit untuk kewaspadaan dini kasus penyakit Pneumonia. Ketiga, menyiapkan Rumah Sakit untuk selalu siaga, lengkap dengan sarana /prasarana, SDM, obat dan pelayanan (tempat isolasi) bila ada kasus suspect.

Dan terakhir, untuk mencegah penularan lebih lanjut, para wisatawan diharapkan bersedia melalui pemeriksaan kesehatan di bandara apabila diperlukan.(DI)

 

Editor: N. Arditya