Miliki Daya Tarik Dunia, Bali Bakal Jadi Showroom Produk UMKM Seluruh Indonesia

MENARAnews.com, Denpasar (Bali) – Daya tarik Bali, berikut keunggulan lainnya dalam hal kreatifitas, menurut Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia, Teten Masduki, merupakan kelebihan Bali sebagai wadah atau “showroom” untuk seluruh produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

“Bali punya keunggulan lebih banyak ya, di sini banyak industri perhiasan, itu luar biasa banyak produk oleh – oleh produk apapun, bahkan Bali itu bisa jadi ‘showroom‘ untuk seluruh produk UMKM di Indonesia,” ungkapnya setelah menghadiri acara Muhammadiyah International Business Forum di Denpasar, Senin (25/11/2019).

Terkait potensi UMKM Syariah di Bali, pihaknya menyambut positif dan mengajak para pebisnis untuk memperkaya ruang bisnis dengan banyak keunggulan yang ada di Bali.

“Akhir – akhir ini memang akan memperkaya ruang bisnis dan inisiatif yang dilakukan oleh masyarakat, intinya setiap usaha inisiatif masyarakat dalam membangun market-nya sendiri, mau yang syariah, umum dan ekspor kita akan bangun dan memperkuat ekonomi rakyat jadi jangan diperkecil hanya satu segmen itu aja,” jelasnya.

Terkait pemberdayaan produk yang menjadi daya tarik pasar dunia, dijelaskannya agar kedepan diproduksi dan mempunyai dampak ke sosial atau lingkungan, dengan begitu bisa jadi wadah atau “showroom” bagi seluruh produk UMKM di Indonesia.

Bali sebagai salah satu wisata dunia dengan daya tarik yang dimiliki, dirasa cocok dan pantas menjadi dikembangkan menjadi “showroom” tersebut.

“Bukan hanya Bali saja, sesuai dengan perintah Presiden Jokowi, lima destinasi wisata baru akan jadi showroom-nya produk UMKM itu ada di Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo dan Likupang, Manado itu akan jadi showroom untuk seluruh produk UMKM,” terang Teten.

Teten menambahkan dengan adanya digitalisasi juga mampu mendorong pertumbuhan UMKM, seperti pemesanan melalui online baik itu produk makanannya, penerjemah, tour guide-nya dan wisata budayanya.(Di)

 


Editor: N. Arditya