Unsur Pimpinan DPRD Pandeglang Bakal Dihiasi Wajah Baru

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – DPRD Kabupaten Pandeglang menggelar Rapat Paripurna pengumuman komposisi fraksi-fraksi DPRD Pandeglang masa jabatan 2019-2024 dan pengumuman penetapan calon pimpinan DPRD Pandeglang masa jabatan 2019-2024, Jumat (13/9/2019)

Dalam rapat paripurna tersebut, diusulkan empat nama unsur pimpinan dewan yang sebagian besar didominasi oleh wajah-wajah baru.

Mereka adalah Tubagus Udi Juhdi dari Partai Gerindra yang diusulkan menjadi Ketua DPRD Pandeglang. Sedangkan Gunawan dari Golkar, Asep Rafiudin dari PKS, dan MM Fuhaira Amin dari Partai Demokrat, diusulkan menjadi Wakil Ketua DPRD Pandeglang periode 2019-2014.

Dari empat partai itu, PKS berhasil merusak hegemoni unsur pimpinan periode sebelumnya. Posisi PKS itu menggantikan PDIP yang gagal meraup suara maksimal pada Pemilu 2019 lalu.

Ketua Sementara DPRD Pandeglang, Tubagus Udi Juhdi menuturkan, pengusulan nama pimpinan itu berdasarkan rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai masing-masing.

“Meski sebatas calon dan diusulkan ke Gubernur Banten, Inshaallah susunannya tidak berubah lagi karena berdasarkan surat dari DPP,” ujarnya usai rapat paripurna.

Udi menjelaskan, pengumuman usulan itu akan dibawa ke Gubernur Banten untuk di SK-kan. Setelah SK keluar, DPRD akan kembali menggelar rapat paripurna untuk menetapkan pimpinan definitif.

“Setelah ada penetapan pimpinan definitif, kita baru bisa membentuk Alat Kelengkapan Dewan (AKD),” sebutnya.

Udi berharap, SK penetapan dari gubernur bisa dikembalikan ke DPRD Pandeglang pada Selasa pekan depan. Dengan begitu, legislatif dapat segera merumuskan AKD dan menggelar berbagai pembahasan dengan eksekutif terutama mengenai APBD Perubahan 2019.

“Target saya paling cepat Selasa (17/9/2019) dan paling lambat Rabu (18/9/2019). Dan itu akan kita kawal bersama biar dipercepat,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Pandeglang, Irna Narulita berharap, empat pimpinan yang diusulkan itu bisa menahkodai seluruh anggotanya bersinergi dengan pemerintah. Dengan begitu, kesejahteraan masyarakat sebagai muaranya bisa terealisasi.

“Kita harus menjalin hubungan baik dengan siapa saja. Apalagi ini kan hasil rekomendasi dari partai politik. Jadi kami yakin dalam kajiannya dan juga matang dalam memilih siapa yang harus bisa bersinergi kepada institusi, eksekutif dan legislatif,” terangnya.

Irna optimis ditangan calon empat pimpinan itu, roda pemerintahan bisa berjalan baik dan seluruh anggota memiliki komitmen dan tanggungjawab yang sama.

“Dengan begitu bisa menyelesaikan tugas-tugas yang belum selesai. Karena kami mempunyai pekerjaan menyelesaikan APBD Perubahan akhir bulan ini. Termasuk memulai pembahasan APBD tahun depan,” tandas bupati wanita pertama di Pandeglang itu. (IN)