SK Gubernur Telah Diterima, Pimpinan DPRD Pandeglang Definitif Segera Ditetapkan

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Surat Keputusan (SK) pimpinan DPRD Pandeglang definitif yang diusulkan ke Gubernur Banten sudah diterima. Kini dewan akan segera menyiapkan pelantikan pimpinan definitif.

Ketua Sementara DPRD Pandeglang, Tubagus Udi Juhdi mengungkapkan, proses pengajuan usulan berlanjalan lancar. Dia mengaku bersyukur usulan yang disampaikan pada Jumat (13/9/2019) sore segera direspon oleh gubernur.

“SK pimpinan definitif dari Gubernur Banten sudah diterima tadi pagi. Alhamdulillah diproses sangat cepat sekali, karena pihak Provinsi juga mengetahui situasi dan kondisi Kabupaten Pandeglang yang mengharuskan melaksanakan pelantikan pimpinan definitif dengan cepat,” kata Udi saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (18/9/2019).

Setelah SK diterima, dewan akan segera berkoordinasi dengan berbagai pihak. Salah satunya yakni Ketua Pengadilan yang nantinya akan melantik. Hanya Udi belum bisa memastikan jadwal pelantikan tersebut.

“Karena kami harus menunggu hasil koordinasi terlebih dahulu dari pihak-pihak yang akan dilibatkan. Paling saat ini kami hanya menunggu jadwal dari PN Pandeglang. Harapan kami pekan ini bisa dilantik, mudah-mudahan ada kelongaran waktu dari Kepala PN, sehingga besok atau lusa bisa melaksanakan pelantikan,” harapnya.

Pasalnya lanjut Udi, legislatif dan eksekutif mempunyai pekerjaan mendesak menyelesaikan APBD Perubahan tahun 2019. Udi menjelaskan, pihaknya justru memiliki beban moral untuk menuntaskan agenda tersebut. Maka langkah mempercepat proses pelantikan harus dilakukan.

“Beban moral kalau APBD Perubahan tidak terselesaikan. Maka dari itulah kami terus berupaya mengejar pelantikan pimpinan agar bisa dilakukan minggu-minggu ini. Intinya, kami juga fokus mengejar perubahan, setelah itu baru melangkah ke APBD 2020,” terangnya.

Dia memastikan, jika pimpinan definitif sudah dilantik, Alat Kelengkapan Dewan (AKD) sebagai instrumen pembahasan APBD Perubahan bisa dengan mudah dibentuk dan tidak akan membutuhkan waktu yang lama.

“Karena bagaimana caranya, agenda kerja kami harus bisa berjalan dengan cepat dan tepat,” tandasnya.

Jumat pekan lalu, DPRD Pandeglang menggelar rapat paripurna penetapan calon pimpinan DPRD Pandeglang masa jabatan 2019-2024. Dalam rapat paripurna tersebut, diusulkan empat pimpinan definitif DPRD Kabupaten Pandeglang.

Mereka adalah Tubagus Udi Juhdi dari Partai Gerindra yang diusulkan menjadi Ketua DPRD Pandeglang. Gunawan dari Golkar, Asep Rafiudin dari PKS, dan MM Fuhaira Amin dari Partai Demokrat, diusulkan menjadi Wakil Ketua DPRD Pandeglang periode 2019-2024. (IN)