Edukasi Tanggap Bencana, Radio Pemerintah Perkenalkan "Kentongan"

MENARAnews, Kab. Serang (Banten) – Program Tanggap Bencana ‘Kentongan’ Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) resmi diluncurkan di halaman Hotel Marbela, Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.
Peluncuran program ini diresmikan langsung oleh Direktur Utama RRI, M. Rohanudin dengan mengetuk ketongan secara simbolis bersama tamu undangan dan masyarakat yang hadir menyaksikan peresmian program unggulan RRI tersebut. 
“Saudara-saudara, sebangsa dan se-tanah air, acara yang disiarkan oleh 105 RRI seluruh Indonesia, dan disiarkan juga oleh 223 stasiun relay di Indonesia, pada sore hari ini, saya nyatakan dibuka,” ujar Rohanudin dengan lantang, (25/9/2019).
Program ‘Kentongan’ RRI diluncurkan sebagai jawaban atas kebutuhan akan adanya media massa yang fokus terhadap mitigasi bencana.
“Program ‘Kentongan’ ini, merupakan serangkaian upaya tanggung jawab RRI sebagai lembaga penyiaran publik untuk terlibat dalam penyadaran masyarakat akan pentingnya mitigasi bencana. Nama kentongan dikaitkan dengan kearifan lokal pada sebagian masyarakat Indonesia sebagai penanda terjadinya suatu peristiwa,” bebernya.
Program ‘Kentongan’ berupaya mengedukasi publik menjadi masyarakat tangguh bencana. Sebab pertolongan pertama saat terjadi bencana adalah pada diri orang itu sendiri. 
Program ‘Kentongan’ juga berupaya menjadikan tanggap bencana sebagai bagian gaya hidup, mulai dari sigap menghadapi bencana, mengatasi bencana dan peduli terhadap lingkungan.
Di lokasi yang sama, Wakil Bupati Serang Panji Tirtayasa menyampaikan apresiasi kepada RRI yang telah mempercayakan peluncuran program ‘Kentongan’ Radio Tanggap bencana di Anyer. 
“Kabupaten Serang sebagai daerah yang memiliki kerawanan bencana dianggap sangat terbantu dengan program tersebut,” tutupnya. (IN)