Upacara HUT RI Me-74 di Denpasar Tonjolkan Nilai Budaya

MENARAnews.com, Denpasar (Bali) – Upacara peringatan HUT RI ke-74 di Kota Denpasar dilaksanakan di Lapangan Lumintang, Denpasar, Bali pada Sabtu (17/8/2019). Rangkaian kegiatan upacara yang berlangsung tidak jauh berbeda bahkan seragam dengan upacara peringatan HUT RI di seluruh Indonesia. Namun, para peserta upacara tersebut menggunakan pakaian yang unik dan berbeda, yakni menggunakan pakaian adat. Pada pelaksanaan upacara kali ini semua peserta menggunakan pakaian adat.

Selaku inspektur upacara yakni, Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra. Rai Mantra mengatakan dengan digunakannya pakaian adat dalam upacara ini merupakan satu langkah baik untuk memupuk rasa persatuan.

“Satu hal yang sangat baik untuk kebhinekaan dalam hal ini juga saya melihat tema kemerdekaan itu SDM unggul Indonesia maju,” katanya uasai upacara.

Ia berharap dalam kompetisi global kemajuan dalam hal infrastruktur maupun SDM semakin cepat.

“Kami sambut baik ini, Indonesia dalam kebhinekaan lebih kuat,” katanya.

Diwawancarai di tempat yang sama, Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Denpasar, AAG Putra Wiladja juga mengatakan dengan digunakannya pakaian adat berarti tidak melupakan budaya.

“Tidak boleh melupakan budaya agar selalu ingat dengan budaya sendiri. Juga pererat kebhinekaan. Berbeda tetap satu,” katanya. (DI)

 

Editor : N. Arditya