Ibu Hamil, Harus Lakukan Screening Guna Cegah Hepatitis

MENARAnews.com, Denpasar (Bali) – Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI, dr. Anung Sugihantono, M.Kes, menyampaikan, Ibu hamil di Indonesia diharapkan tetap melakukan screening. Atau meminta tenaga kesehatan agar dilakukan screening terkait hepatitis sebagai bagian dari pelayaan kehamilan yang dilakukan.

“Tentu kami menghimbau kepada masyarakat agar bisa dan mau melakukan perilaku hidup sehat. Seandainya ada Ibu hamil yang positif hepatitis, tentu harus diupayakan dengan sunguh-sunguh agar mendapat pengobatan lebih lanjut,” jelasnya saat dijumpai di Sanur, Kota Denpasar, Bali, Selasa (30/7/2019).

Terkait penanganan hepatitis, semua jenis hepatitis tentu secara konsisten akan ditangani di Indonesia.

“Pastinya, yang sudah bisa dicegah Itu yang akan diprioritaskan,” ujarnya.

Jika dilihat dari penularan hepatitis bisa melalui makanan, minuman maupun tinja. Ada juga penularan vertikal melalui jarum misal, pemakai narkotik maupun melakukan hubungan kelamin.

Di Indonesia, ada sebanyak 20 jutaan penderita hepatitis dari total jumlah penduduk Indonesia saat ini. Jumlah tersebut cukup besar, bisa dikatakan, jumlahnya 4x dari total jumlah penduduk Singapura.

“Pada 2030 kami berharap dapat menurunkan jumlahnya sebesar 50 persen dari kondisi saat ini,” harap Anung. (DI)

 

Editor: N.Arditya