Ketua FKUB Indonesia Serukan Pembumian Nilai Agama dan Pancasila Demi Kebhinekaan

MENARAnews.com, Jakarta (DKI) – Sejak pagi hingga sore, serangkaian Hari Ulang tahun ke-60 Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, Imam Besar Masjid Istiqlal, diselenggarakan dalam bentuk Conferensi Internasional Antar Agama dan Spiritual, bertempat di Ballroom Simas Plaza, Jakarta, Minggu(23/6/2019).

Konferensi tersebut dihadiri oleh sekitar 300 peserta terdiri Para tokoh antar agama, Dirjen Bimas Hindu, Para Rektor Perguruan Tinggi Agama. Ketua Umum Asosiasi FKUB Indonesia, Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahet turut hadir sebagai salah satu Narasumber, memaparkan bahwa dalam menciptakan kerukunan umat beragama secara ke-Indonesia-an, perlu ditekankan betapa pentingnya membumikan nilai-nilai agama dan nilai-nilai Pancasila, sebagai perwujudan nyata dari Bhineka Tunggal Ika.

“Tidak ditemukan sedikit kesalahan pun di dalam ajaran semua agama, semuanya mengandung kebenaran yang sempurna, namun tidak ada yang paling benar, dan tidak ada yang memonopoli kebenaran. Kebenaran absolut dan monopoli kebenaran hanya pada Tuhan Yang Maha Kuasa. pada umumnya isi ajaran semua agama adalah sama atau hampir sama yang disampaikan dalam bahasa yang berbeda, hanya kulit luarnya, kemasannya yang berbeda. Perbedaan bukanlah pertentangan, oleh karenanya moderasi beragama, inklusivitas beragama dan beragama alam ke Indonesia-an menjadi sangat-sangat penting untuk semakin dibumikan disegenap penjuru tanah air,” paparnya.

Semua pembicara mulai dengan Keynote Speaker Prof.Dr. KH. Nazaruddin Umar dan 10 pembicara lainnya semuanya menyatakan hal hal yang sama tentang kemuliaan semua agama, bahwa secara spiritual, agama-agama mengajarkan hal-hal yang sama atau hampir sama, semua agama adalah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

Dilanjutkan pada malam hari dengan Acara Peluncuran 20 Buku tulisan Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, di Ball Room Grand Hyatt yang diluncurkan oleh Wakil Presiden Dr. H. Jusuf Kalla, dihadiri oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Kapolri Dr. Tito Karnavian, Prof. Dr. KH. Qurais Shihab, Ketua Umum Asosiasi FKUB Indonesia Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahet, Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, jajaran pengurus Masjid Istiqlal beserta sekitar 500 tokoh lainnya.

Pada saat peluncuran 20 buku tersebut, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Agama, Kapolri , Prof Jimly Asshiddiqie menyatakan kekaguman yang luar biasa akan keuletan dan gerak langkah Prof. Nazaruddin Umar selama ini untuk agama, semua umat beragama serta bangsa dan negara.

Acara ditutup dengan foto bersama, pembagian buku dan persembahan dari group musik Debu yang melantunkan nyanyian pujian indah keislaman.(DI)

 

Editor: N. Arditya