Antisipasi Masuknya Virus Monkeypox ke Bali, Kantor KKP Ngurah Rai Siapkan Thermo Scanner

MENARAnews.com, Badung(Bali) – Kabid Upaya Kesehatan Lintas Wilayah Kantor Kesehatan Pelabuhan, Putu Alit Sudarma, menyampaikan, guna mencegah masuknya virus Monkeypox atau cacar monyet ke Bali, Rabu (15/5/2019). Maka, Kantor Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) Ngurah Rai, Tuban, Badung, Bali melakukan pemantauan penumpang di terminal kedatangan Internasional Bandara Ngurah Rai menggunakan Thermo Scanner.

Bertempat di terminal kedatangan internasional Bandara Internasional Ngurah Rai Bali, petugas kantor karantina kesehatan pelabuhan KKP Ngurah Rai melakukan pemantauan seluruh penumpang pesawat yang baru tiba dari luar negeri.

“Pemantauan dilakukan menggunakan Thermo Scanner atau pemindai suhu tubuh dilakukan kepada seluruh penumpang, terlebih penumpang dengan rute penerbangan asal Singapura lokasi ditemukannya warga Nigeria yang terjangkit virus cacar monyet pada 8 Mei 2019 lalu,” jelasnya.

Dilanjutkan,penumpang dengan suhu tubuh tidak normal lebih dari 38 derajat selsius akan terdekteksi. Yang selanjutnya akan diambil tindakan lebih lanjut di ruang karantina.

“Jika terindikasi ada penumpang yang dicurigai nantinya, tentubakan dirujuk ke RSUP Sanglah, Denpasar guna dilakukam penanganan lebih lanjut,” ujarnya.

Dirinya memaparkan, Monkeypox atau cacar monyet pertama kali muncul di republik demokratik Kongo pada 1970 dengan penularan dari hewan ke manusia. Di 2017 virus tersebut kembali muncul di Nigeria serta Inggris. Virus yang belum ada obatnya serta vaksin pencegahan ini bisa menyebabkan kematian pada manusia. (DI)

Editor: N. Arditya