Tagar #2019KitaTetapBersaudara, Pilihan Boleh Beda Persatuan Indonesia yang Paling Utama

MENARAnews, Medan (Sumut) – Ratusan relawan #2019KitaTetapBersaudara memeriahkan Car Free Day di Lapangan Merdeka Kota Medan, Minggu (23/9/2018) pagi. Kegiatan yang menyerukan Persatuan Indonesia tersebut diisi dengan berbagai aktivitas anak muda kreatif Kota Medan.

Selain melakukan aksi penandatanganan komitmen bersama #2019KitaTetapBersaudara, relawan juga beramai-ramai menyanyikan lagu-lagu kebangsaan seraya mengibarkan bendera merah putih sebagai bentuk pesan persaudaraan.

ragam umat-umat agamanya
ada islam, ada kristen, hindu, Buddha
semuanya ada di sini
bersatu di Bhineka Tunggal Ika

Potongan lagu Pujiono yang berjudul Manisnya Negeriku juga turut menyemarakkan kegiatan tersebut.

Menurut Dian Fariz selaku koordinator pemuda kreatif Kota Medan, kegiatan #2019KitaTetapBersaudara terinspirasi dari keprihatinan kondisi politik dewasa ini, dimana marak sekali ujaran kebencian dan provokasi yang sangat membahayakan Persatuan dan Kesatuan Bangsa.

“Kami ingin mengingatkan kembali elit politik dan masyarakat, bahwa Persatuan Indonesia harus diatas segala kepentingan. Pilihan boleh beda, silahkan, tapi jangan menghasut dan fitnah. Jangan sampai kita terpecah belah, kita tetap bersaudara” tutur Dian Fariz kepada awak media di sela kegiatan.

Imam Syuhada salah satu relawan #2019KitaTetapBersaudara juga menegaskan bahwa dalam kontestasi Pemilu 2019, yang perlu dikedepankan adalah adu gagasan, adu ide, adu program bukan justru saling menjelekkan.

“Silahkan pendukung untuk menyuarakan tentang keunggulan pilihan masing-masing, tapi jangan sampai menjelek-jelekkan yang bukan pilihannya” tegas Imam Syuhada.

Disinggung mengenai keberadaan #2019GantiPresiden dan #2019TetapJokowi, Imam Syuhada enggan berkomentar terlalu jauh dan menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat untuk menilai.

Menurutnya dalam setiap agama dan budaya terdapat nilai-nilai kebaikan, saling menghormati dan jangan sampai membuat fitnah. Pada point itulah mengapa founding fathers kita menekankan Persatuan Indonesia dalam Pancasila.

Pantauan media, banyak spanduk di lokasi bertuliskan kata-kata yang sejuk dan kreatif sehingga mengundang masyarakat untuk foto bersama. Salah satunya mirip dengan kata-kata dalam Film Dilan 1990 Jangan pecah belah..berat, kamu nggak akan kuat. Kita bersaudara aja

Pada akhir kegiatan, relawan melakukan doa bersama untuk keutuhan NKRI dan menerbangkan balon merah putih #2019KitaTetapBersaudara.