Kesiapan Capai 90%, PLN Bali Jamin Ketersediaan Listrik Selama IMF – WB 2018

MENARAnews.com, Denpasar (Bali) – Menjelang penyelenggaraan IMF-WB 2018 PLN Distribusi Bali meyakinkan bahwa kesiapan sudah mencapai 90%. “Kita telah melakukan assesment terkait ketersediaan listrik baik yang perlu diganti maupun diperbaiki pada 7 venue dan 21 hotel yang diperkirakan akan ditempati oleh para tamu IMF dan telah siap sekitar 90 persen”, jelas Manajer Distribusi PLN Distribusi Bali, Agus Mulyo saat ditemui di kantornya, Denpasar, (5/9/2018).

Selain itu, untuk lokasi venue PLN dilakukan sistem pengamanan sampai dengan 5 lapis, untuk hotel-hotel sampai dengan 4 lapis dan di bandara 6 lapis. “Sistem pengamanan tersebut terdiri dari lapis pertama dengan Uninterruptible Power Supply (UPS) masing-masing tempat di venue 1-3 sedangkan di penginapan ada 1 total sekitar 30 UPS, lapis kedua dengan 2 penyulang, lapis ke 3-5 dengan penyediaan genzet-genzet dari pelanggan dan PLN”, sebutnya.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Agus Mulyo pada venue tertentu terdapat permintaan penambahan daya dan sudah dilakukan termasuk memperbaiki jaringan yang trouble. “Pada tenda Paspampres terdapat permintaan sumber-sumber listrik dan sudah disiapkan 4 titik sumber listrik. Sumber listrik juga dipersiapkan di Taman Center sebagai lokasi registrasi para tamu dan Peninsula Island karena akan ada beberapa acara dan pameran di lokasi tersebut serta kita jamin ketersediaan listrik selama event internasional ini”, ungkapnya.

Sementara itu, mengenai kekurangan 10 persen yang masih dikerjakan saat ini adalah melakukan pengecekan dan perbaikan jaringan yang akan mensuplai di lokasi acara seperti pengecekan isolator dan konduktor, perisai binatang di trafo termasuk merapikan pohon-pohon yang dapat mengganggu jaringan listrik serta proses menarik jaringan baru seperti di Bandara. “Saat ini kita sedang melakukan pengecekan dan perbaikan jaringan guna mempermudah suplai, serta mengenai pengamanan di Bandara, kita siapkan hingga 6 lapis. Untuk lokasi acara di Nusa Dua ketersediaan jaringan sudah banyak dari Gardu Induk (GI) Nusa Dua”, pungkasnya. (NN)

Editor: N.  Arditya