Kunjungan Wisatawan ke Bali Per-Januari sampai Juni 2018, Meningkat

MENARAnews.com, Denpasar (Bali) – Menurut Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, A.A Gede Yuniartha Putra, Selasa, (7/8) di Renon, Denpasar menyampaikan, dari jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali dari Januari sampai Juni 2018 masih didominasi wisatawan asal Cina dengan jumlah 677,212, kemuadian lanjut Australia berjumlah 544,877 orang, India 194,634 orang Inggris sebanyak 124,583 orang dan wisatawan asal Amerika sebanyak 115,024 orang wisatawan.

“Masih didominasi oleh wisatawan asal negara Cina,” jelasnya.Dilanjutkan, jika dilihat dari total jumlah kunjungan seluruh wisatawan yang datang ke Bali per Januari sampai Juni 2018 ada sebanyak 2,893,005 orang, mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya (2017) sebesar 2,811,289 orang. “Total kunjungan wisatawan ke Bali ditahun ini meningkat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya,” katanya.

Sembari dirinya menghimbau, agar para pemilik akomodasi pariwisata agar ikut serta membantu wisatawan yang datang dari Lombok, dengan cara memberi pelayanan sebaik-baiknya. Serta, jika bisa diberikan discount juga bagi wisatawan yang akan menginap. Hal tersebut, sangat penting ditangani. Jika tidak maka, para wisatawan tersebut bisa enggan berkunjung atau datang ke Bali kedepannya. Karena, dilihat dari kor bisnis Bali adalah pariwisata.

“Jangan sampai kesempatan ini dipakai mencari untung akan tetapi, mari kita layani dengan sebaik-baiknya. Dan alangkah baiknya juga, jika bisa diberikan discount bagi wisatawan yang menginap di hotel atau Villa,” ucapnya.

Disampaikan, hal tersebut sangat penting dilakukan karena jika dilihat kor bisnis Bali adalah pariwisata yang perlu dipahami bersama-sama.

“Ini penting kita tangani dengan sebaik-baiknya jika tidak, maka para wisatawan akan malas datang ke Bali. Karena, dilihat kor bisnis Bali adalah pariwisata yang perlu dipahami dan digarisbawahi bersama,” ujarnya.

Disampaikan, sampai saat ini seluruh stakeholder pariwisata di Bali inisiatifnya sangat bagus terkait dalam penanganan para wisatawan yang datang dari Lombok ke Bali.

“Saat ini kami dengan stakeholder pariwisata di Bali sedang melakukan evakuasi wisatawan dari Lombok. Di Bali kita bantu dengan mencarikan penginapan, itu juga yang ditawarkan para stakeholder pariwisata di Bali,” sebutnya.

Terkait transport bagi wisatawan yang datang dari Lombok ke Bali menuju ke hotel-hotel atau Villa dirinya ditambahkan, dari pihak Kementerian pariwisata akan membantu terkait angaran dari Kementerian. Jika dilihat sampai saat ini, jumlah wisatawan dari Lombok ke Bali kurang lebih ada sebanyak 2 ribu orang wisatawan dan masih akan dilanjutkan untuk dilakukan evakuasi. (NN)

Editor : N. Arditya