Kantongi 14 Nama Calon Anggota KPU Bali, Pansel Segera Gelar Seleksi Lanjutan

MENARAnews.com, Denpasar (Bali) – Pasca menjalani serangkaian tahapan seleksi penerimaan anggota KPU Provinsi Bali, panitia seleksi telah mengantongi empat belas nama-nama calon anggota KPU Provinsi Bali periode Tahun 2018-2023. Hal tersebut diucapkan Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Penerimaan Anggota KPU Prov. Bali yang sekaligus Dosen Politik FISIP Universitas Ngurah Rai, Dr. Luh Riniti Rahayu, M.Si, saat ditemui di Denpasar, Selasa, (17/07/2018).

Pendaftar untuk KPU Bali apabila dibandingkan provinsi lainnya, termasuk sepi peminat. Pendaftar hanya ada 34 orang yang sebagian besar dari pihak penyelenggara. “Berbeda dengan rekrutmen-rekrutmen periode sebelumnya dimana hal yang baru pada seleksi kali ini yakni adanya tes CAT yang benar-benar fair, karena hasilnya langsung dilihat peserta sendiri apakah dia lulus mencapai passing grade atau tidak”, jelasnya.

Seleksi calon-calon komisioner KPU juga dilakukan secara berjenjang, yaitu seleksi administrasi, lanjut tes tulis melalui Computer Assisted Test (CAT), Tes Psikologi, Tes Kesehatan Fisik dan Rohani, dan terakhir Tes Wawancara yang akan diseleksi menjadi 10 orang. “Selanjutnya 10 orang tersebut akan diserahkan ke KPU RI untuk melaksanakan Fit and Proper Test menjadi 5 orang” ujarnya.

Hingga saat ini terdapat 14 orang yang sudah melewati Tes Psikologi dan Tes Kesehatan Fisik dan Rohani, antara lain : IGN. Agung Darmayuda, Pt. Ariyanti Sutiningsih, Ni Kadek Wirathi, AA. Gede Raka Nakula, Nym. Gede Angga Warsa, I Gede Jhon Darmawan, I Wayan Jondra, Dewa Agung Lidartawan, IGN. Agus Dharmasanjaya, Luh Darayoni, I Made Kariada, I Made Raka Suwarna, Luh Putu Sri Widiyastini, dan Ida Bagus Saskara.

“Selanjutnya tinggal Tes Wawancara saja pada 18 – 24 Juli 2018, dan mereka sebagian besar adalah penyelenggara incumbent tingkat provinsi maupun kabupaten, namun ada juga wartawan yang lolos. Hasilnya untuk 10 orang terpilih akan diumumkan tanggal 26 Juli 2018”, tegas Ketua LSM Bali Sruti ini. (NN)

Editor: N. Arditya