Guna meningkatkan Kinerja Panwascam, Panwaslu Denpasar Gelar Bimtek

MENARAnews.com, Denpasar (Bali) – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Denpasar terus memantapkan persiapan seluruh anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kota Denpasar menjelang pelaksanaan Pilkada Bali 2018 dengan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek), di Hotel Kepundung Denpasar, Senin (10/4/2018).

Kegiatan Bimtek tersebut merupakan salah satu upaya Panwaslu Kota Denpasar untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas seluruh anggota Panwascam se-Kota Denpasar guna mewujudkan proses Pemilihan Umum (Pemilu) langsung, bebas, rahasia, jujur, adil, dan mandiri.

Salah satu agenda penting yang dibahas dalam Bimtek tersebut yakni mengenai teknis pengawasan Pemilu dan teknis pemutakhiran data pemilih. Dimana seluruh agenda pembahasan tersebut diharapkan mampu meningkatkan kinerja anggota Panwas terlebih lagi menjelang penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan Daftar Pemilih Tetap).

Disisi lain, meskipun dalam persiapan pelaksanaan Bimtek mengalami sedikit kendala terkhusus pada masalah anggaran yang masih menjadi polemik ditingkat provinsi, hal ini berhasil diinisiasi dengan pemanfaatan APBD Kota Denpasar. “Kegiatan ini dapat terselenggara atas rekomendasi dari Bawaslu Bali meskipun masih dalam polemik pembahasan anggaran, Bawaslu dan Panwaslu Kab/Kota terus berupaya agar bimtek tetap terselenggara”, ujar Ketua Panwaslu Kota Denpasar, I Wayan Sudarsana.

Sementara itu, Staf Bawaslu Prov. Bali, Made Payuse, menekankan kepada seluruh peserta Bimtek bahwa dalam melakukan pengawasan haruslah dengan optimal dan koordinasi dengan panwas Kab/Kota lainnya. “Pihak yang diawasi adalah pemerintah, KPU dan jajarannya, peserta pemilu dan masyarakat, dimana pengawasan dilakukan setiap hari selama proses tahapan berlangsung”, pungkasnya. (NN)

Editor: N. Arditya