Dishub Denpasar Terima 239 Pengaduan LPJ Mati

MENARAnews, Denpasar (Bali) – Sepanjang tahun 2017 ini, Dinas Perhubungan Kota Denpasar menerima sekaligus menindaklanjuti 239 pengaduan tentang lampu penerangan jalan (LPJ) mati.

“Laporan masyarakat melalui Pengaduan Rakyat Online (PRO) Denpasar langsung kita tindak lanjuti lewat perbaikan. Tahun 2017 dari bulan Januari sampai Nopember, Dishub Denpasar telah menindaklanjuti 239 pengaduan tentang lampu penerangan jalan yang mati. Tentu laporan dari masyarakat ini sangat diharapkan, yang nantinya dapat bersama-sama melakukan pemantauan dengan langkah perbaikan dan pelayanan dapat cepat dilakukan oleh Dishub,” ujar Kasi Sarana Prasarana Dinas Perhubungan Denpasar Ketut Ronca saat dihubungi Kamis (7/12/2017) di Denpasar.

Menurut Ronca, hal itu dalam upaya peningkatan sarana dan prasarana LPJ di Kota Denpasar khususnya. “Dinas Perhubungan juga memperhatikan bahan lampu maupun tiang lampu sehingga tidak membahayakan masyarakat. Saat ini melalui alokasi dana langsung yang dikelola Dinas Perhubungan, khusus pada penerangan jalan sebesar Rp 46 milyar. ‘’Secara bertahap akan melakukan langkah-langkah peningkatan pelayanan,” jelasnya.

Dalam peningkatan sarana dan prasarana LPJU di Kota Denpasar khususnya, pihaknya juga telah melakukan peningkatan penerangan jalan umum dengan langkah inovatif secara bertahap melakukan penggantian bahan lampu dengan LED.

Saat ini, Dishub Denpasar mengelola 17.666 titik lampu sementara jumlah titik Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) sebanyak 1.156 titik. ‘’Lampu-lampu yang kita kelola jumlahnya ribuan lebih dengan pemohon 571 orang,’’ tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan, pemeliharaan lampu-lampu yang ada rutin dilaksanakan setiap harinya. Disamping itu juga menindaklanjuti laporan dari masyarakat terkait keberadaan LPJU dan lampu lainnya yang tidak menyala maupun yang terus menyala hingga siang hari.
Secara keseluruhan Pemkot Denpasar memiliki lampu Son 70 W berjumlah 8.762 titik, lampu Son 150 W berjumlah 1.775 titik, lampu SL 24 W berjumlah 168 titik, Mercury 125 W sebanyak 5.120 titik, lampu HPLT 400 W sebanyak 65 titik, lampu LED sebanyak 526 titik dan lampu Son T 70 W di 25 titik.

Dari jumlah tersebut, Pemkot juga memiliki 678 panel lampu yang terus melakukan pemeliharaan secara berkesinambungan. Tidak saja pengelolaan dan pemeliharaan di jalan umum, namun lampu penerangan ini juga dilakukan pemeliharaan di kawasan pemukiman. (NN)

Editor: N. Arditya