Rakor PKK Kecamatan Percontohan

MENARAnews, Demak (Jateng) – Kegiatan PKK merupakan program nasional dalam rangka mewujudkan keluarga sejahtera. PKK memiliki peran penting dan strategis dalam membangun potret keluarga yang ideal. Keluarga yang damai, harmonis, dan sejahtera sebagai kekuatan handal dalam kebersamaan untuk melaksanakan pembangunan.
Beragam pembinaan yang terus-menerus dilakukan oleh TP PKK, mulai dari tingkat terkecil yakni keluarga, mampu mendongkrak taraf hidup masyarakat. Sehingga secara tidak langsung telah membantu pemerintah dalam upaya mengatasi masalah kemiskinan melalui berbagai implementasi kegiatan yang fleksibel, dinamis, dan aktual. Termasuk dalam menjawab aspirasi kebutuhan masyarakat yang mendesak dan faktual.
Demikian disampaikan Bupati Demak dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Bupati bidang Hukum, Pemerintahan dan Politik Mulyana, SH. Saat membuka rapat koordinasi PKK Kecamatan Percontohan tingkat Kabupaten Demak tahun 2017 di Pendopo Kabupaten Demak, (31/10).

Menurutnya, dinamika dan manifestasi gerakan PKK serta kelembagaannya dinilai telah mampu berperan dan berfungsi sebagai bagian dari komponen pembangunan. Termasuk dari sektor pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

Namun demikian Mulyana berharap agar OPD terkait dapat mendukung program dan kegiatan dari TP PKK.

“Seperti kita ketahui bersama bahwa pada tahun 2017 dan 2018 nanti, TP PKK Kabupaten Demak memiliki program unggulan berupa Kecamatan Percontohan. Untuk tahun 2017 yang menjadi Kecamatan Percontohan PKK adalah Kecamatan Karanganyar dan Kecamatan Gajah. Sedangkan untuk tahun 2018 Kecamatan Percontohan PKK adalah Kecamatan Kebonagung dan Kecamatan Dempet”, jelasnya.

“Program PKK ini tidak mengubah rencana kegiatan dari OPD terkait. Namun hanya mensinergikan program OPD dengan program TP PKK. Saya minta dukungan dari semua pihak demi suksesnya program Kecamatan Percontohan PKK ini”, imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakannya, dengan adanya Kecamatan Percontohan ini diharapkan masyarakat dapat menerapkan program PKK dalam setiap kegiatan kemasyarakatan. Sehingga memberikan dampak positif dan memotivasi kecamatan-kecamatan lain di sekitarnya.

“Untuk jajaran TP PKK Kecamatan saya minta agar bisa turun ke desa-desa secara kontinyu. Lakukan pembinaan dalam rangka mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan dan partisipasi masyarakat”, pungkasnya.
Sementara disampaikan Nani Singgih Setyono, M.Kes diselenggarakannya Rakor PKK Kecamatan Percontohan Tingkat Kabupaten Demak Tahun 2017 ini dimaksudkan untuk mengevaluasi, mengidentifikasi dan pemecahan program yang selama ini telah dilaksanakan dan yang akan direncanakan pada tahun 2018 ini.

Turut hadir dalam acara ini Kepala Dinpermades P2KB Kabupaten Demak Drs. Muhammad Ridwan, Ketua Tim PKK Kabupaten Demak beserta pengurusnya dan Ketua Tim PKK Kecamatan se-Kabupaten Demak. (Spn)