Lengkap, Berkas Partai PSI-Nasdem Diterima KPUD Kabupaten Tubaba

MENARAnews, Tubaba (Lampung)_Setelah melakukan Audensi sebelumnya untuk petunjuk dan arahan dari komisioner KPU akhirnya, Jumat (13/10) berkas salinan SIPOL tentang keanggotaan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kabupaten Tulang Bawang Barat, diserahkan dan telah dinyatakan lengkap oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tubaba.

Komisioner KPUD Tubaba Bidang Devisi Hukum Yudi Agusman mengakui, berkas Partai PSI dinyatakan lengkap, karena jumlah anggota yang dimilikinya sudah pas sesuai batas minimal yang ditentukan yang ada pada Sipol.

“Dari hasil pemeriksaan kelengkapan berkas jumlah KTA, dan eKTP atau surat keterangan pada pendaftaran Partai Solidaritas Indonesia, pada SIPOL data  sebanyak 365 anggota, dinyatakan lengkap sesuai Sipol,” kata Agusman, Jumat (13/10/2017).

Ia menjelaskan, hingga saat ini baru tiga partai politik yang telah mendaftar ke KPU yakni, partai Perindo, Nasdem dan PSI. Selain partai PSI hari ini juga partai Nasdem menyerahkan perbaikan dokumen salinan berkas sesuai jumlah yang ada di Sipol 588 KTA dan eKTP juga dinyatakan lengkap.

Setelah diperiksa katadia, kedua partai tersebut ditemukan kesamaan jumlah nama anggota yang tercantum dalam Lampiran 2 Model F2-Parpol dengan data yang tertera pada SIPOL sebanyak Partai PSI 365 dan Nasdem 588 anggota. “Selain itu, didapati pula kesesuaian salinan KTA dan KTP Elektronik dengan Lampiran 2 Model F2-Parpol,” papar Agusman.

Sementara Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai PSI Juwaini mengaku, penyerahan dokumen keanggotaan partai politik PSI, diterima Petugas Pendaftaran KPUD Tubaba yang disaksikan oleh Panwaslu Kabupaten setempat.

“Setelah petugas melakukan penelitian kelengkapan dan kebenaran dokumen yang kita diserahkan dan telah di bandingkan dengan jumlah anggota yang ada pada Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) telah sesuai,” ungkapnya.

Ia menambahkan, atas kelengkapan dokumen DPD Partai PSI yang diserahkan, KPU akhirnya memberikan tanda terima Model TT KPU-Parpol sebagai bukti telah diterimanya dokumen keanggotaan parpol yang bersangkutan di KPU Kabupaten Tubaba. (JE)