Gerakan Masyarakat Sadar Demokrasi Pilkada Serentak Tahun 2018

MENARAnews, Denpasar (Bali) – Bertempat di Lapangan Puputan Denpasar, berlangsung gerak jalan sehat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2018 yang dibuka oleh Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara didampingi oleh Ketua KPU Kota Denpasar, I Gede John Darmawan, Minggu (29/10/17).

Ketua KPU Kota Denpasar, I Gede John Darmawan menyampaikan bahwa pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dengan Wakil Walikota merupakan bentuk demokrasi lokal yang harus bernafaskan budaya lokal. Pemilihan umum serentak tahun 2018 merupakan Pilkada serentak ke-3.

“Tahun ini ada 171 daerah yang melaksanakan Pilkada dengan rincian 17 untuk Pilkada tingkat Provinsi, 39 untuk Pilkada Kota dan 115 Pilkada tingkat Kabupaten. Tahapan Pilkada bertepatan dengan Pemilu 2019, sehingga suhu politik akan meningkat dan harus dikelola dengan profesional,” papar John Darmawan.

Disamping melayani pemilih KPU juga harus melaksakana tahapan Pilkada. Pastikan Pemilih yang sudah memiliki E-KTP terdaftar sebagai Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan Daftar Pemilih Tetap (DPT) jangan sampai aspirasi rakyat terdistorsi karena tidak terdaftar di daftar pemilih.

Tambahnya, pemilih yang cerdas, mumpuni dan berkapasitas yang memadai tidak bisa dibelokan baik oleh info bohong dan politik uang. Agenda yang ada bukan hanya seremomial dan hanya saat ini saja namun akan terus berlanjut sebagai sarana untuk menyadarkan publik agar sadar kepada demokrasi. Memilih di TPS yang hanya beberapa menit akan menentukan masa depan bangsa. Sudah saatnya pemilih menggunakan hak dengan rasa tanggung jawab.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan Deklarasi Gerakaan Sadar Pilkada Serentak 2018 yang menyatakan bahwa dalam rangka mewujudkan Pilkada yang berkualitas dan melahirkan pemimpin yang berintegritas maka kami dari berbagai segmen pemilih di Kota Denpasar menyatakan turut mensukseskan jalannya tahapan Pilkada serentak 2018 serta memilih dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab. (NN)

Editor : N. Arditya