BUPATI LAUNCHING DASHBOARD INTEGRASI “DEMAK SMART CITY”

MENARAnews, Demak (Jateng) – Salah satu program unggulan Pemerintah Kabupaten Demak adalah membangun kota cerdas berbasis IT (Smart city). Ini merupakan konsep kota cerdas yang dapat membantu masyarakat mengelola sumber daya dengan efisiensi dan memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat atau lembaga dalam melakukan kegiatanya.

Hal itu diungkap Bupati Demak HM.Natsir saat membuka sosialisasi dan launching dashboard integrasi “Demak Smart City” di Gedung Bina Praja, Kamis (19/10). Turut hadir dalam acara tersebut Sekda Singgih Setyono, Asisten Sekda, Kepala Dinkominfo Drs. Daryanto, MM.
Natsir menjelaskan sebelumnya juga sudah di launching aplikasi SIMAYA yang merupakan aplikasi tata naskah dinas elektronik.

“Pemerintah Kabupaten Demak juga telah melakukan kontrak kerjasama dengan Kabupaten Batang tentang pelaksanaan e-Planning dan e-Budgeting serta single data system. Langkah ini diambil sebagai awal cikal bakal pelaksanaan Smart City di kota wali”, jelasnya.

Untuk itu ia berharap tahun 2018 nanti Smart City sudah di implementasikan sepenuhnya. Sebab Pemerintah pusat melalui kementrian Kominfo menargetkan 100 kota/kabupaten telah mengimplementasikan Smart City di tahun 2019.

“Maka saya meminta kepada hadirin sekalian untuk dapat sungguh-sungguh mendukung pelaksanaan Smart City. Wajib hukumnya bagi setiap pimpinan OPD untuk melek teknologi. Ini penting, mengingat kini kita berada di era teknologi informasi yang perkembangannya sangat cepat.

Selain itu, Natsir meminta kepada seluruh yag hadir untuk dapat memberikan data dari OPD masing-masing. Selanjutnya, data tersebut diintegrasikan didalam Dashbord Smart City. Dengan data yang dikecualikan sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Sehingga pemohon informasi publik mendapatkan kemudahan untuk memperoleh informasi. Cukup dengan mengunjungi demakkab.go.id, masyarakat mendapat informasi yang diinginkan.
Sementara Indriantoro Widodo selaku panitia penyelenggara menyampaikan bahwa Demak Smart City merupakan salah satu program unggulan Bupati Demak. Untuk mencapai keberhasilannya perlu dukungan dari seluruh stakeholder yang terlibat antara lain terdiri dari tingkat kecamatan sampai ke tingkat yang lebih atas.

“Upaya – upaya selama ini sudah dilakukan sejak beberapa tahun yang lalu dalam merintis program Demak Smart City tersebut, antara lain dengan mengupayakan pengadaan barang jasa atau lelang secara elektronik, menggunakan teknologi informasi untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat, meningkatkan kapasitas perangkat daerah, meningkatkan kapasitas SDM di Dinkominfo dan OPD terkait dalam mendukung program tersebut, membangun infrastruktur jaringan dan berbagai aplikasi layanan masyarakat untuk mempermudah akses kepada masyarakat”, ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan penandatanganan kerjasama antara OPD yaitu Dinkominfo, Dindukcapil, DinPM PTSP, BKPP, BPKPAD, BAPPEDA. (Spn)