Hasil Muskab XI PMI Demak, Akhmad Sugiharto Terpilih Sebagai Ketua PMI Demak

MENARANEWS.COM (Demak) – Bupati Kab Demak, dr. Hj Eisti’anah, SE menaruh harapan pada pengurus baru dari pengurusan Ketua PMI Kab Demak terpilih untuk dapat tetap menjaga sinergi dengan Pemkab Demak.

Hal tersebut disampaikan Bupati saat menghadiri pelaksanaan Musyarawah Kabupaten (Muskab) ke – XI Palang Merah Indonesia (PMI) Kab Demak, di RM Kalijaga Demak, Selasa (22/6/23).

Ia menyebutkan bahwa tujuan organisasi PMI untuk memberikan pelayanan, khususnya pada masyarakat yang terkena bencana serta tugas kemanusiaan yang lain. Di mana tujuan tersebut sejalan dengan Pemkab Demak.

“Saya ucapkan selamat pada Ketua PMI terpilih, semoga amanah dan tetap menjaga sinergi dengan Pemkab Demak. Sehingga dengan adanya kolaborasi dan sinergi yang baik kita bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Demak,” ucap Bupati.

Agenda Muskab PMI ke – XI tersebut adalah menyampaikan laporan pertanggung jawaban dari kepengurusan PMI Demak periode 2018 – 2023 serta dilakukan pemilihan Ketua PMI masa periode 2023 – 2028.

Pemilihan ketua PMI Demak sendiri dilakukan dengan cara aklamasi oleh pengurus periode sebelumnya, serta anggota yang terdiri dari perwakilan masing – masing kecamatan, Puskesmas dan RSUD Sunan Kalijaga, yang mana menyepakati Sekda Demak, Akhmad Sugiharto, ST., MT., untuk menjadi Ketua PMI Kab Demak.

Kesepakatan bulat secara aklamasi tersebut cukup membuat Ketua terpilih yang akrab disapa Pak Gik tersebut kaget, namun Ia akan siap menerima tugas tersebut dengan harapan dukungan dari para Senior PMI Kab Demak.

"Menurut saya menjadi Ketua PMI merupakan tugas yang besar dan berat bila tanpa bantuan teman - teman PMI yang lain," ucapnya kepada Menaranews.com usai pelaksanaan Muskab.

Artinya, lanjutnya, Ia berharap bahwa nantinya Pengurus PMI periode sebelumnya dapat membantu pihaknya dalam menjalankan tugas – tugas kemanusiaan.

“Saya baru satu periode di PMI sehingga harapan saya senior – senior dapat saya rangkul dan bersedia bekerjasama demi PMI lebih bermanfaat demi kemasalahatan umat,” pungkasnya.

Selama dua kali periode sebelumnya, PMI Demak dipimpin oleh mantan Sekda Demak, dr. Singgih Setyono, M.Kes, yang mana PMI Demak telah menorehkan beragam prestasi di tingkat nasional dan merupakan organisasi kemanusiaan yang mampu menjadi garda terdepan dalam tugas kemanusiaan. (Nungki)