Jembatan Wonokerto Mulai Dibongkar, Polres Demak Lakukan Rekayasa Dua Arus

MENARANEWS (Demak) – Jembatan Wonokerto yang berusia hampir 40 tahun sudah dinilai memprihatikan, sehingga akan mulai dibongkar untuk diperbaiki.

Kapolres Demak, AKBP Budi Adi Buono, menyampaikan bahwa waktu pembongkaran jembatan arah Semarang – Demak tersebut mulai dilakukan tanggal 20 Juli 2022 dimulai pada pukul 22.00 wib. Untuk itu demi meminimalisir kemacetan parah, pihaknya telah menyiapkan skema skenario untuk lalu lintas, khususnya nanti yang akan mengarah dari Semarang ke Demak.

"Jadi jalan tidak kita tutup. Jalan akan tetap mengalir dimana arus lalu lintas yang dari Semarang kita melakukan contra-flow ke arah jembatan Wonokerto baru yang mengarah dari Demak ke Semarang," terang Kapolres disaat jumpa pers, Selasa (20/7/22).

Akan ada 2 arus dalam 1 jalan, lanjut Kapolres, yang mana akan dibagi 2 lajur dengan di tengah – tengahnya akan diberi barikade. Pihaknya juga sudah membuka jalan “bukaan baru” yang pertama dari arah Semarang – Demak di depan NBI, arah demak swmarang di depan SMA Karangtengah 1.

“Nanti akan ada 2 arus kita lakukan rekayasa supaya arus lalu lintas ini tidak terganggu tetap mengalir,” ucapnya.

Sementara, Niko, Manager Pengerjaan PT. HKI, selaku kontraktor yang melaksanakan pembongkaran, menyampaikan bahwa pengerjaan jembatan tersebut akan memakan waktu hingga 8 bulan.

“Hal ini dikarenakan pengerjaan ini nanti adalah100% perbaikan, dimana dilihat dari umur memang harus dilakukan perbaikan,” ucapnya.

Ia menambahkan bahwa pekerjaan yang paling memakan waktu dalam proyek nasional tersebut adalah pengerjaan pemancangan.

“Untuk pemasangan sekitar 4 bulan. Sementara untuk jembatan itu sendiri Lebar 14 m, panjang 75 m,” pungkasnya. (NSN)