Presiden Jokowi Minta Forkopimda Jatim Percepat Vaksinasi

Presiden Joko Widodo(Jokowi) meminta kepada para Forkopimda seluruh Provinsi Jawa Timur untuk mempercepat program vaksinasi Covid-19. Sebab pada Agustus 2021 Indonesia akan memasok vaksin mencapai 72 juta.

“Berkaitan dengan vaksinasi, dipercepat. Saya minta seluruh bupati/walikota kalau vaksin datang langsung habiskan secepat-cepatnya, minta lagi. Ini pas timing di Agustus ini pas karena datang vaksinnya banyak sekali, 72 juta. Kemudian bulan depan 70 juta,” kata Jokowi saat memberikan arahan kepada para Forkopimda seluruh Jawa Timur di Madiun, Jawa Timur dalam akun Youtube sekretariat presiden yang baru diunggah pada Jumat (20/8).

Dia menjelaskan saat ini stok vaksin di Indonesia akan meningkat. Biasanya kata Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut hanya 8juta-10juta vaksin.

“Selama 7 bulan kita hanya dapat 68 juta. Berarti per bulan hanya 10 juta. Ini 72, 70juta. Sehingga cepat habiskan. Jangan sampai ada stok vaksin di cold storage bapak ibu semuanya. Segera dihabiskan,” perintah Jokowi.

Diketahui sebelumnya Presiden Joko Widodo(Jokowi) menjelaskan pemerintah menargetkan hingga akhir tahun pemerintah akan mengamankan 370 juta dosis vaksin Covid-19. Dalam dua hari ini, Indonesia telah kedatangan vaksin AstraZeneca hasil bantuan dari Belanda, vaksin Sinovac dan sekitar 1,5 juta dosis vaksin Pfizer.

“Jika tidak ada halangan sesuai komitmen dengan sejumlah pihak, hingga akhir tahun ini, pemerintah sudah mengamankan sekitar 370 juta dosis,” kata Jokowi dikutip merdeka.com dalam akun instagramnya , Jumat(20/8).

Jokowi menjelaskan pemerintah masih terus berusaha untuk mendapatkan tambahan pasokan vaksin. Hingga mencapai total 430 juta dosis.

“Jumlah vaksin sebanyak itu kita upayakan untuk melakukan vaksinasi bagi lebih dari 200 juta rakyat sampai akhir tahun ini, dua dosis untuk setiap orang. Indonesia akan terus bekerja keras,melalui semua jalur memastikan keamanan pasokan vaksin bagi Indonesia,”ungkapnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut pun membeberkan capaian dosis vaksin yang telah dikeluarkan Jawa Timur mencapai 26,6%. Tetapi Jokowi pun meminta agar terus ditingkatkan.

“Tetapi sebetulnya bisa ditingkatkan dengan cepat dalam bulan Agustus dan September ini. Hati-hati. Ini stok-stoknya. Sekarang saya ikuti semuanya. Stok vaksin di kota Batu berapa? Tahu, masih 19.000. Di Kota Kediri masih berapa? Tahu 4.900. Ini segera dihabiskan. Jangan ada stok di cold storage yang kita miliki,” pungkasnya.