Kwarda Bali Bentuk Pengawas Prokes Pembina Gugus Depan

MENARAnews.com, Denpasar (Bali) – Gerakan Pramuka Kwarda Bali menggelar Bimbingan Teknis Sosialisasi Bagi Pembina Pramuka Dalam Rangka Membentuk Tim Pengawas Protokol Kesehatan di sekolah bagi Pembina Gugus Depan, Senin (4/1/2021). Bimtek melalui Virtual ini diikuti oleh 140 orang peserta se-Bali

Koordinator kegiatan sekaligus ketua Satgas pengawas protokol kesehatan, Gerakan Pramuka Kwarda Bali I Gede Wirawan mengatakan Bimtek ini diharapkan dapat membantu sekolah sehingga peran pramuka benar-benar dirasakan.

“Melalui kegiatan bimbingan teknis sosialisasi bagi pembina pramuka dalam rangka membentuk tim pengawas protokol kesehatan di sekolah bagi gugus depan adalah sebagai upaya kita untuk menghilangkan keragu-raguan. Pramuka harus hadir dalam situasi dan kondisi apapun dan menjadiakan pramuka sebagai garda terdepan,” sebutnya.

Menurutnya, Kwarda Bali melalui Bidang Abdimasgana dan bela negara telah merancang sebuah kegiatan berupa Bimtek sosialisasi Bagi Pembina Pramuka Dalam Rangka Membentuk Tim Pengawas Protokol Kesehatan di Sekolah Bagi Pembina Gugus Depan, sebagai langkah awal pengembangan kepribadian individu dan partisipasi di era normal baru agar berjalan terarah dan terorganisir sesuai dengan prinsip dan nilai-nilai kepramukaan.

Ia menambahkan Pengawas Protokol Kesehatan di sekolah bagi Pembina Gugus Depan akan bertugas selama 3 bulan kedepan.

Ketua Kwarda Bali yang juga sekretatis Satgas Covid 19 Bali I Made Rentin mengatakan kondisi Bali sampai dengan ter-update kemarin 2 Januari 2021 sesungguhnya sudah ada pergerakan kearah yang lebih baik.

“Bali yang selalu masuk di dalam 10 provinsi prioritas, sudah 2 minggu terakhir kita lepas dari 10 besar, memang baru hanya di urutan 11. Urutan ini merupakan akumulasi dari angka kasus yang terkonfirmasi positif kita di peringkat ke-11, tetapi jika di bandingkan dengan kondisi daerah lain terutama angka dan prosentasi kesembuhan kita provinsi Bali sesungguhnya ada dalam posisi yang cukup baik bahkan angka kesembuhan kita di provinsi Bali ada pada rata-rata yang cukup tinggi. Oleh karena itu sebuah kebanggaan sebagai motivasi dan semangat bagi kita semua,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu Narasumber yang juga Waka Abdimasvana dan bela Negara Gerakan Pramuka daerah Bali I Gede Agus Arjawa Tangkas menyampaikan materi tentang adaptasi kebiasaan baru dan tips melaksanakan kegiatan PTM dan menumbuhkembangkan mindset kewasapadaan dalam mencegah penyebaran covid -19.(*)

Editor: N. Arditya