Bupati Pandeglang Harap Partisipasi Politik Naik

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pandeglang menggelar sosialisasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 di Kecamatan Angsana, (6/8/2020).

Bupati Pandeglang Irna Narulita menambahkan, Dukungan Elemen Satuan Kerja (DESK) Pilkada penting dilakukan guna meningkatkan partisipasi masyarakat. Dengan adanya DESK Pilkada tentu akan memberikan edukasi kepada masyarakat. Selain mendorong peningkatan partisipasi, kata Irna, pada pemilu kali ini harus mengikuti protokol kesehatan karena berada ditengah pandemi Covid-19.

“Pesta demokrasi adalah hajat kita bersama, bukan hanya tanggung jawab KPU dan Bawaslu saja. Harapan kami yang tadinya partisipasi hanya 77% bisa lebih meningkat, sehingga masyarakat mau datang menyalurkan hak pilihnya untuk datang ke TPS,” beber Irna.

Komisioner KPU Samsuri mengatakan, semua tahapan yang dilakukan sama seperti sebelumnya, hanya saja ada beberapa yang menyesuaikan dengan protokol kesehatan mengingat saat ini memasuki masih pandemi Covid-19.

“Seperti pencocokan dan penelitian (coklit), petugas menggunakan masker, dan tidak masuk rumah pemilih. Pada pelaksanaannya nanti petugas juga akan memakai Alat Pelindung Diri (APD), pemilih harus menggunakan masker dan mencuci tangan terlebih dahulu, tinta yang dipakai pun tinta semprot,” jelasnya.

Samsuri menegaskan, penyesuaian dengan protokol kesehatan akan terus disosialisasikan kepada masyarakat sehingga efektif mengurangi penyebaran Covid-19.

“Hal inilah yang akan terus kami sosialisasikan secara menyeluruh sehingga masyarakat bisa menyesuaikan dengan ketentuan yang ada,” sambungnya. (MY)