Imbas Kurang Koordinasi, Sejumlah Jemaah Salah Naik Bus

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Rombongan kedua jemaah Calon Haji (Calhaj) di Kabupaten Pandeglang yang tergabung dalam kloter 46, diberangkatkan sore ini dari Pendopo Pandeglang, (25/7).

Pemberangkatan dilepas langsung oleh Asisten Daerah bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Pandeglang Agus Priyadi Mustika dan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pandeglang Endang.

Dalam kesempatan tersebut, dari sebanyak 385 jemaah Calon Haji asal Pandeglang yang diberangkatkan hari ini, usia termuda yakni umur 18 tahun dan usia tertua wanita 94 tahun. Sedangkan jumlah lanjut usia (lansia) dalam kloter ini sebanyak 7 persen yang terdiri dari 75 tahun ke atas.

“Laki-laki umur 18 tahun 10 bulan warga Kecamatan Menes, dan usia tertua peremuan 94 tahun 8 bulan warga Kecamatan Cadasari,” ujar Endang saat ditemui disela-sela kegiatan.

Endang mengakui, sesaat sebelum pelepasan jemaah Calon Haji asal Pandeglang dilakukan, terjadi kesalahpahaman antara ketua regu dan ketua rombongan sehingga terdapat jemaah yang salah naik bus.

Ia mengimbau, agar para jemaah Calon Haji mempersiapkan paspor, kartu anggota dan kesehatan. “Jamaah Calon Haji kloter 46 ini, pada besok Jumat, 26 Juli 2019 pukul 13.20 WIB, akan lepas landas melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta,” bebernya.

Sementara itu, Asda bidang Pemerintahan Setda Pandeglang Agus Priyadi Mustika menambahkan, pihaknya berharap perjalanan para jemaah berjalan lancar dan dapat menjadi haji yang mabrur.

“Harus mengikuti peraturan, jangan lepas dari rombongan, harus kompak, jaga kesehatan,” tutupnya. (IN)