Gerakan Anak Negeri Riau Lakukan Aksi Demo Di Pengadilan Tinggi Pekanbaru

MENARAnews, Pekanbaru (Riau) – Gerakan Anak Negeri Riau (GANRI) berunjuk rasa di Pengadilan Tinggi (PT) Pekanbaru, Riau. Puluhan massa aksi ini menuntut Hakim Pengadilan Tinggi Pekanbaru, untuk mempercepat proses hukum terkait Nelson Manalu, sehingga segera memiliki kepastian hukum. Dengan begitu, masyarakat Siak bisa menentukan sikap pada Pemilu Legislatif April 2019 (6/112/2018).

 

“Kita meminta kepada hakim PT untuk mempercepat proses hukum perkara Nelson Manalu agar mempunyai kekuatan hukum tetap, Kita minta hak politik Nelson dicabut. Kita tidak mau diwakili oleh terpidana dengan kasus kejahatannya,” ucap Febrian, kordinator aksi dalam orasinya di depan gedung Pengadilan Tinggi Pekanbaru Jalan Jendral Sudirman.

 

Dari pantauan di Pengadilan Tinggi Pekanbaru, aksi tersebut mendapat pengawalan yang ketat dari pihak kepolisian. Selain itu, perwakilan Pengadilan Tinggi Pekanbaru yang menerima massa aksi menyampaikan bahwa Pihak pengadilan akan menggunakan kewenangannya secara penuh, agar proses hukum yang dimaksud bisa berjalan cepat dan berkeadilan.

 

“Kita berjanji hakim akan memprosesnya. Biar warga yang menilai apakah dia layak dipilih jadi wakil rakyat atau tidak. Untuk status politiknya belum bisa dilakukan, menunggu putusan hakim,” kata Jalaluddin, Humas Pengadilan Tinggi Pekanbaru.

 

Sebelumnya, Nelson dilaporkan ke polisi karena melarang para sopir perusahaan kelapa sawit memasukkan kelapa sawit ke salah satu perusahaan di Siak. Akibatnya perusahaan mengalami kerugian. (SZ)