Sultan Deli Berharap Presiden Jokowi Sukses Pada Pilpres 2019

MENARAnews, Medan (Sumut) – Presiden RI Jokowi mendapat gelar kebangsawanan tertinggi dari Kesultanan Deli, Sumatera Utara. Proses pemberian gelar tersebut dilaksanakan di Balai Room Istana Maimun Medan dihadiri ribuan masyarakat Melayu, Minggu (7/10/2018).

Presiden Jokowi resmi menyandang gelar Tuanku Sri Indra Utama Junjungan Negeri yang artinya seorang pemimpin yang baik pembawa angin segar ke pelosok negeri.

Sultan Deli Tuanku Sultan Mahmud Arya Lamantjiji Perksa Alam dalam sambutannya menjelaskan bahwa gelar Tuanku Sri Indra Utama Junjungan Negeri merupakan gelar bangsawan tertinggi di Kesultanan Deli.

“Pertimbangan utama kami menganugerahkan gelar kebangsawanan tertinggi pada Presiden Jokowi, karena telah menyaksikan kerja keras Presiden Jokowi membangun negara dan mensejahterakan rakyat Indonesia” ucap Sultan Deli dalam sambutannnya.

Dihadapan kerapatan adat dan masyarakat Melayu Sumatera Utara, Sultan Deli juga berharap Presiden Jokowi sukses pada Pilpres 2019. “Kita patut berbangga dan percaya sepenuhnya bahwa di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi, penyelenggaran Pilpres 2019 berjalan dengan sukses, serta mempersembahkan hasil yang kita inginkan bersama” sambut pemimpin tertinggi Kesultanan Deli tersebut.

“Kami jajaran Kesultanan Deli berdoa agar kiranya stabilitas politik, keamanan serta kemajuan perekonomian nasional yang dicapai Pemerintah saat ini dapat terus secara kontinu kita nikmati paska pesta politik nasional pada tahun 2019” tegas Sultan Deli XIV tersebut.

Sementara itu Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kesultanan Deli atas gelar Tuanku Sri Indra Utama Junjungan Negeri yang telah diperolehnya.

“Di dalam gelar adat ini, saya merasakan terkandung amanat dan tugas berat yang diberikan pada saya untuk mewujudkan harapan dari Kesultanan Deli, harapan dari kerajaan-kerajaan se-Nusantara, pemangku adat Indonesia, dan ulama untuk bersama-sama mewujudkan Indonesia yang Baldatun, Thoyibatun wa Rabbun Gofur,” ujar Presiden.

Menurut Jokowi, energi utama dan modal untuk meraih kemajuan Indonesia adalah budaya. Untuk itu, Jokowi mengajak semua pihak untuk turut melestarikan budaya dan adat istiadat. “Indonesia maju dengan tetap mempertahankan nilai-nilai luhur asli bangsa Indonesia,” tuturnya.

Acara Anugerah Gelar Adat turut disaksikan oleh tujuh ribuan lebih masyarakat Sumut di pelataran Istana Maimun. Masyarakat sangat antusias menyambut kehadiran Presiden Jokowi di tengah-tengah keluarga besar Kesultanan Deli. (red)